Cerita 4 Perempuan Mulia yang Bantu Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Saat Nabi Muhammad SAW lahir ke dunia, para perempuan mulia inilah yang mendampingi persalinan sang ibunda, Fatimah.

Mutia Nugraheni
| 4 Januari 2022 08:05

Dream - Menceritakan riwayat kelahiran dan masa kecil Nabi Muhammad SAW pada anak-anak adalah salah satu cara membuat mereka mengenal Nabinya. Salah satu momen yang penting untuk diketahui buah hati soal kehidupan Rasulullah, yaitu ketika beliau lahir ke dunia.

Dikutip dari Sanadmedia.com, Dr. Ilham Shahin mengungkap dari berbagai literatur, bahwa ada empat figur wanita yang membantu persalinan Sayyidah Aminah RA. Mereka adalah Ummu Aiman (ibunda sahabat Usamah bin Zaid bin Harits RA), Al-Syaffa' (ibunda sahabat Abdurrahman bin Auf RA), Fatimah (ibunda Utsman bin Abi al-'Ash), dan Tsuwaibah.

Hal ini juga sebagaimana dijelaskan oleh Fadilah Mawlana Syeikh Ali Jum'ah dalam salah satu pengajiannya. Mari mengenal satu per satu sosok tersebut, untuk diceritakan kembali pada buah hati.

Ummu Aiman
Sayyidah Ummu Aiman RA merupakan budak perempuan dari Habasyah warisan ayahanda Baginda Nabi Muhammad SAW. Saat wafat, Sayyiduna Abdullah (Ayahanda Baginda Nabi SAW) hanya meninggalkan lima unta, beberapa domba dan seorang hamba sahaya perempuan (bernama Barakah yang kemudian dipanggil Ummu Aiman RA). Budak wanita itu kemudian diwarisi kepada abi dan ibundanya.

Ummu Aiman RA juga merupakan saksi ketika Aminah, ibunda Nabi Muhammad SAW. Beliau kemudian dimerdekakan oleh Nabi Muhammad dan dinikahkan dengan sahabatnya, Zaid bin Harits RA. Dari pernikahan sahabat Zaid dan Ummu Aiman terlahir sahabat Usamah RA Figur muda yang dipilih oleh Baginda saw sebagai panglima perang melawan Romawi.

 

 

Selanjutnya :

Al-Syaffa

Wow! Interior Kamar Bayi Para Artis Ini Sangat Super Mewah

Jangan Lewatkan