Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cegah Penularan Corona, Nadiem Keluarkan Instruksi Khusus untuk Sekolah

Cegah Penularan Corona, Nadiem Keluarkan Instruksi Khusus untuk Sekolah Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan (Foto: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan)

Dream - Penularan virus corona (Covid-19) bisa terjadi di mana saja. Terutama di area yang ramai orang, seperti sekolah. Untuk di Indonesia, setiap hari kasusnya bertambah dan hal ini tentu saja menimbulkan kekhawatiran orangtua.

Demi mencegah penularan virus tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan instruksi khusus. Aturan ini ditujukan setiap unit pendidikan. Mulai dari tingkatan Taman Kanak-kanak hingga Perguruan Tinggi.

"Memastikan ketersediaan sarana untuk cuci tangan pakai sabun dan alat pembersih sekali pakai di berbagai lokasi strategis di satuan pendidikan," salah satu isi edaran Kementerian Pendidikan yang ditujukan kepada sekolah seperti dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sekolah juga diminta untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh dan lebih detail pada fasilitas-fasilitas sekolah. Terutama fasilitas di sekolah yang dipegang oleh banyak orang.

"Gunakan petugas yang terampil menjalan tugas pembersihan dan gunakan bahan pembersih yang sesuai untuk keperluan tersebut," isi edaran tersebut.

Memonitor absensi juga harus dilakukan. Untuk mereka yang sakit, baik petugas sekolah, guru atau murid, diminta untuk beristirahat di rumah. Lihat instruksi lengkapnya di sini.

Beberapa sekolah di Jakarta dan sekitarnya ada yang sudah menerapkanya. Ada juga beberapa sekolah yang menerapkan aturan belajar di rumah untuk sementara waktu demi mengurangi risiko penularan corona.

Wah, Nadiem Makarim Tiap Hari Keloni Anak Lalu Balik Kerja

Dream - Kesibukan Nadiem Makarim menjadi Menteri Pendidikan, sangat menguras waktunya. Ia juga terkadang masih mengurus bisnisnya di Gojek. Hal tersebut tak lantas membuat ayah dari seorang putri ini, kehilangan waktu untuk bersama buah hatinya.

Rupanya Nadiem punya siasat khusus agar bisa dekat dengan Solara, putri pertamanya yang masih berusia balita. Setiap hari, ia pulang dari kantor pukul 18.30 WIB, walaupun pekerjaannya masih menumpuk.

Nadiem pulang lalu bermain dengan Solara hingga sang putri tertidur. Setelah itu, Nadiem kembali bekerja hingga pukul 01.00 hingga 02.00 WIB dini hari.

"Saya mencoba disiplin, setiap hari main sama anak. Anak kan tidurnya sekitar jam delapan. Jadi balik tuh jam enam tiga puluh, jam tujuh, nidurin anak, abis itu kerja lagi," ungkap Nadiem dalam Youtube channel Deddy Corbuzier.

 

Kewajiban Utamanya

Bagi Nadiem itu adalah sebuah keharusan. Sebagai seorang kepala keluarga dan ayah, tugas utamanya adalah menjaga keluarganya, terutama mendampingi perkembangan dan pertumbuhan anaknya.

"Tugas utama saya itu keluarga dulu. Tanpa itu kayaknya mau bantuin anak-anak seluruh negara, tapi masa anak sendiri gak diurus," ungkapnya.

Menurut istri dari Franka Franklin ini, ritual anak dan orangtua sangat penting. Hal tersebut membuat anak merasa aman, tenang dan dicintai.

 

 

Tonton Cerita Nadiem Soal Ritual dengan Putrinya

Untuk para ayah, mungkin trik Nadiem untuk menghabiskan waktu dengan anak ini bisa ditiru.

 

Semangatnya Istri Nadiem Makariem Baca Dongeng untuk Anak-anak

Dream - Hari Dongeng yang jatuh pada 26 November 2019 kemarin, diperingatkan dengan meriah di Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. Salah satu acara yang dinanti banyak anak adalah mendengarkan dongeng.

Pada perayaan Hari Dongeng kemarin, rupanya Franka Franklin, istri dari Menteri Pendidikan Nadiem Makariem, mendapat tugas untuk membacakan dongeng. Franka membacakan cerita berjudul Si Kancil kepada murid kelas 1 hingga kelas 3 SD dari SD Islam Terpadu Darul Himah, SD Strada Pelita II, SD Cinta Kasih Tzu Chi dan SDN 011 Pagi Jakarta.

Ibu dari Solara itu, tampak bersemangat bercerita pada murid-murid SD yang menggemaskan. Ia bercerita sambil menunjukkan gambar-gambar menarik dalambuku pada anak-anak. Momen tersebut diunggah di akun Facebook Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

 

Nadiem Juga Berbincang dengan Anak-anak

Dalam perayaan tersebut, bukan hanya Franka yang berbincang dan membacakan cerita pada anak-anak. Nadiem juga bercengkrama dengan para 'muridnya' yang penasaran ingin bertemu Bapak Menteri Pendidikan yang baru. Nadiem pun memberi pesan khusus pada hari dongeng.

"Makna mendongeng adalah agar adik-adik semua senang dan mencintai cerita, buku, dan dari cerita – cerita itu kita menciptakan imajinasi di dalam otak. Kemampuan dalam berpikir dan membayangkan hal – hal di otak kita adalah kunci kesuksesan di masa depan,” ujar Mendikbud dalam sambutannya, seperti dikutip dari Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Lagi, Direktur WHO Peringatkan Seluruh Negara Harus Bersiap Hadapi Penyakit X

Lagi, Direktur WHO Peringatkan Seluruh Negara Harus Bersiap Hadapi Penyakit X

Penyakit X adalah virus “penampung” hipotetis yang belum terbentuk, namun para ilmuwan mengatakan penyakit ini bisa 20 kali lebih mematikan daripada COVID-19.

Baca Selengkapnya
Proses Penularan Virus Flu Bisa Sangat Cepat, Pakai Masker Adalah Kunci

Proses Penularan Virus Flu Bisa Sangat Cepat, Pakai Masker Adalah Kunci

Flu kembali menyerang banyak orang. Proses penyembuhannya pun memakan waktu cukup lama. Cari tahu proses penularan virus dan cara mencegahnya.

Baca Selengkapnya
Kasus Covid-19 Meningkat, Naik Kereta Api Wajib Pakai Masker

Kasus Covid-19 Meningkat, Naik Kereta Api Wajib Pakai Masker

PT KAI juga mengingatkan penumpang untuk menjaga kebersihan

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Kasus Covid-19 Varian JN.1 Sedang Naik, Hindari 5 Tempat dengan Risiko Penularan Tertinggi

Kasus Covid-19 Varian JN.1 Sedang Naik, Hindari 5 Tempat dengan Risiko Penularan Tertinggi

Beberapa tempat memiliki jumlah virus lebih tinggi dibandingkan area lain. Kamu wajib meningkatkan daya tahan tubuh jika ingin mengunjunginya.

Baca Selengkapnya