Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cegah Masalah Perilaku Anak, Terapkan 3 Hal Ini

Cegah Masalah Perilaku Anak, Terapkan 3 Hal Ini Ilustrasi

Dream - Perilaku anak secara mendasar dipengaruhi oleh kepribadian yang dimilikinya. Lalu pengaruh lingkungan dan kebiasaan yang dilakukan orang-orang di sekitarnya setiap hari. Ada kalanya anak mengalami masalah dalam perilaku.

Menarik diri, tak mau diajak berkomunikasi, selalu penuh amarah saat diajak diskusi dan masih banyak masalah perilaku lainnya. Hal ini sebenarnya bisa dicegah. Mencegah akan jauh lebih baik. Cobalah terapkan hal ini ini untuk mencegah masalah perilaku pada buah hati.

Hubungan yang sehat
Jika Anda dan pasangan tak memiliki hubungan yang sehat dengan anak, maka akan sangat sulit untuk membuatnya berperilaku baik. Apa itu hubungan yang sehat? Hubungan yang penuh rasa sayang dan hormat.

Berikan perhatian, contoh atau pujian ketika ia melakukan hal baik. Konsekuensi juga perlu dilakukan jika anak melakukan kesalahan, tapi setelah itu jangan membuatnya merasa diacuhkan. Berikan pelukan hangat untuknya. Lakukan hal itu terus-menerus untuk membentuk hubungan yang sehat dengan anak.

Aturan yang jelas
Anak tak bisa mengikuti aturan jika tak tahu apa yang diharapkan orangtua dan tujuan utamanya. Saat menerapkan aturan tertentu, harus dijelaskan alasan mengapa ada aturan tersebut. Jam malam misalnya, anak harus tidur pukul 21.00 paling telat.

Hal ini karena mereka harus sekolah pada pagi hari, bangun sekolah dalam keadaan segar, tak mengantuk dan siap menyerap pelajaran. Jelaskan secara detail sebab dan akibat aturan itu dibuat agar anak mengerti dan displin mengikutinya.

Konsekuensi
Anak akan cenderung lebih mengerti konsekuensi jika merasakannya langsung. Sesekali biarkan di anak melakukan kesalahan dan merasakan konsekuensi atas kesalahannya itu. Jika tak berbahaya, hal ini justru akan membuatnya belajar. Setelah itu baru jelaskan kalau hal-hal yang dilakukannya akan punya efek, aturan dibuat untuk mengurangi risiko kesalahan tersebut.

 

Sumber: Very Well

 

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Lakukan Hal-hal Ini untuk Menjaga Hubungan yang Langgeng Bersama Pasangan!
Lakukan Hal-hal Ini untuk Menjaga Hubungan yang Langgeng Bersama Pasangan!

Ini adalah rahasia menjaga hubungan agar tetap langgeng. Yuk, simak baik-baik!

Baca Selengkapnya
Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan pada Pasangan, Terapkan Jika Ingin Hubungan Sehat
Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan pada Pasangan, Terapkan Jika Ingin Hubungan Sehat

Cemburu adalah salah satu emosi negatif yang berdampak buruk untuk sebuah hubungan. Yuk, simak cara ampuh untuk mengatasinya!

Baca Selengkapnya
7 Tips Mudik Aman yang Bikin Anak Tak Rewel Sepanjang Perjalanan, Ayah Bunda Wajib Tahu
7 Tips Mudik Aman yang Bikin Anak Tak Rewel Sepanjang Perjalanan, Ayah Bunda Wajib Tahu

Berbagai kekhawatiran saat mudik pasti ada, seperti anak rewel, tidak nyaman, sakit, dan sebagainya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.