Cegah Masalah Perilaku Anak, Terapkan 3 Hal Ini

Mencegah jauh lebih baik. Tak ada salahnya untuk membangun hubungan yang sehat dengan si kecil.

Mutia Nugraheni
| 16 Agustus 2017 16:08

Dream - Perilaku anak secara mendasar dipengaruhi oleh kepribadian yang dimilikinya. Lalu pengaruh lingkungan dan kebiasaan yang dilakukan orang-orang di sekitarnya setiap hari. Ada kalanya anak mengalami masalah dalam perilaku.

Menarik diri, tak mau diajak berkomunikasi, selalu penuh amarah saat diajak diskusi dan masih banyak masalah perilaku lainnya. Hal ini sebenarnya bisa dicegah. Mencegah akan jauh lebih baik. Cobalah terapkan hal ini ini untuk mencegah masalah perilaku pada buah hati.

Hubungan yang sehat
Jika Anda dan pasangan tak memiliki hubungan yang sehat dengan anak, maka akan sangat sulit untuk membuatnya berperilaku baik. Apa itu hubungan yang sehat? Hubungan yang penuh rasa sayang dan hormat.

Berikan perhatian, contoh atau pujian ketika ia melakukan hal baik. Konsekuensi juga perlu dilakukan jika anak melakukan kesalahan, tapi setelah itu jangan membuatnya merasa diacuhkan. Berikan pelukan hangat untuknya. Lakukan hal itu terus-menerus untuk membentuk hubungan yang sehat dengan anak.

Aturan yang jelas
Anak tak bisa mengikuti aturan jika tak tahu apa yang diharapkan orangtua dan tujuan utamanya. Saat menerapkan aturan tertentu, harus dijelaskan alasan mengapa ada aturan tersebut. Jam malam misalnya, anak harus tidur pukul 21.00 paling telat.

Hal ini karena mereka harus sekolah pada pagi hari, bangun sekolah dalam keadaan segar, tak mengantuk dan siap menyerap pelajaran. Jelaskan secara detail sebab dan akibat aturan itu dibuat agar anak mengerti dan displin mengikutinya.

Konsekuensi
Anak akan cenderung lebih mengerti konsekuensi jika merasakannya langsung. Sesekali biarkan di anak melakukan kesalahan dan merasakan konsekuensi atas kesalahannya itu. Jika tak berbahaya, hal ini justru akan membuatnya belajar. Setelah itu baru jelaskan kalau hal-hal yang dilakukannya akan punya efek, aturan dibuat untuk mengurangi risiko kesalahan tersebut.

 

Sumber: Very Well

 

Topik Terkait :

Suami Dilantik, Chacha Frederica Sah Jadi Ibu Bupati

Jangan Lewatkan