Catat, Mainan Seru yang Direkomendasikan Dokter Anak

Bukan mainan mahal, tapi justru direkomendasikan permainan 'klasik'.

Mutia Nugraheni
| 13 Desember 2018 10:11

Dream - Sahabat Dream berencana membeli mainan untuk si kecil? Kini, banyak sekali mainan anak-anak elektronik yang dijual dalam berbagai bentuk. Terutama yang berupa tablet atau gadget.

Harganya pun sangat mahal. Mainan-mainan tersebut biasanya diklaim memiliki sisi edukatif karena mengajarkan anak bahasa Inggris, mengenal angka atau hal lainnya.

Sangat menggoda memang, tapi sebaiknya orangtua membeli mainan yang lebih 'klasik' Pada 3 Desember lalu, American Academy of Pediatrics (AAP), baru saja merilis rekomendasi mainan untuk anak bertajuk " Ignore the Flashing Screens: The Best Toys Go Back to the Basics" .

 

Menurut penelitian AAP, mainan klasik lebih baik daripada mainan elektronik. Apa saja mainan tersebut? Berikut daftarnya:

- Balok
- Kertas warna/ kertas lipat
- Crayon
- Cat air dan kanvas
- Boneka
- Balon/ bola
- Action figure
- Buku seri/ pop up book
- Pasir
- Play dough

" Mainan jadi salah satu alat untuk membentuk kepribadian, kesehatan dan kebiasaan anak. Menurut kami, sangat penting bagi AAP membuat rekomendasi untuk orangtua dalam memilih mainan," ujar dr. Aleeya Healey, salah satu peneliti, seperti dikutip dari Healthline.

Jadi bukan tablet, iPad apalagi video game yang sebaiknya diberikan untuk anak. Hal ini karena menurut AAP, mainan akan sangat membentuk perilaku dan kebiasaan anak.

 

Topik Terkait :

Cek Fakta Dengan Dokter - Promil dan Laparoscopy di Masa Pandemi

Jangan Lewatkan