Cara Unik Melanie Putria Motivasi Anak untuk Berpuasa

Ia bercerita kalau sang putra sangat tak tahan haus saat berpuasa.

Mutia Nugraheni
| 9 Mei 2018 10:03

Dream – Memberikan iming-iming pada buah hati merupakan cara yang kerap dilakukan orangtua agar anak semangat dalam memulai puasa. Bisa dengan memberikan uang saku, makanan favorit atau hal-hal menarik lainnya.

Puteri Indonesia 2002, Melanie Putria Dewita Sari punya cara unik untuk menyemangati anaknya yang masih belajar puasa. Saat ditemui di Ecology Bistro Kemang, Jakarta, ia mengungkap apa yang biasa dilakukan untuk merayu Sheemar sang putra untuk berpuasa.

“ Ini adalah tahun kedua Sheemar (anaknya) berpuasa dan aku ingin banget dia bisa puasa penuh. Sampai saat ini aku ikuti makanan apa yang dia mau makan ketika berbuka, biar dia semangat puasa,” ungkap Melanie.

Istri Angga Puradiredja itu juga mengungkapkan bahwa anak semata wayangnya bukanlah penggemar junkfood. Hal ini pun memudahkan ia dalam memberikan makanan sehat.

“ Untungnya Sheemar bukan penggemar junkfood. Aku pun nggak batasin dia, kalau dibatasi nanti dia ada kesulitan pas bersosialiasi dengan teman-temannya. Dia pun contoh kebiasaanku makan makanan sehat, jadi kalau minta menu berbuka yang sehat-sehat juga,” ungkap perempuan yang hobi lari ini.

Sama seperti anak lainnya, Sheemar Rahman Purwadireja kerap mengeluh haus di kala berpuasa. Untuk mengatasi keluhan tersebut, Melanie membuatkan bintang dari kertas sebagai penghargaan ketika anaknya bisa berpuasa hingga Maghrib.

“ Dia tipe anak yang lebih mudah menahan lapar dibanding haus. Biar dia nggak rewel, aku bikinin bintang dari kertas. Kalau dia bisa selesai sampai maghrib, aku kasih bintang. Meski tahun kemarin dia belum berhasil sampai maghrib,” ungkap Melanie.

Setelah bintangnya terkumpul, pada hari raya Melanie akan memberikan hadiah sesuai dengan jumlah bintangnya. Cara ini sebagai penyemangat Sheemar di awal-awal belajar berpuasa.

Mungkin bisa menginspirasi Sahabat Dream untuk melatih buah hati berpuasa.

Laporan Dina Nazhifah

 

Streaming Melihat Deretan Koleksi Busana Terakhir Barli Asmara

Jangan Lewatkan