Cara Terbaik Merespons Buah Hati yang Tak Mau Sekolah

Tubuhnya tidak demam atau sakit. Ia hanya mengatakan tak mau pergi sekolah. Tentu hal ini jadi tanda tanya besar.

Mutia
| 11 September 2017 08:12

Dream - Bangun pagi langsung mandi dan mengenakan seragam. Buah hati kesayangan pun sarapan dan siap untuk diantar ke sekolah. Tapi suatu hari, ia tiba-tiba tak mau bangun, apalagi mandi.

Padahal tubuhnya tidak demam atau sakit. Ia hanya mengatakan tak mau pergi sekolah. Tentu hal ini jadi tanda tanya besar. Lalu bagaimana sebaiknya orangtua bersikap? Hal pertama,
jangan langsung memarahi dan menceramahinya.

Cobalah untuk membaca situasi dengan mengajukan beberapa pertanyaan atau pancing anak untuk bercerita agar tahu alasan detail mengapa ia tak mau sekolah. Anda juga bisa
mengungkapkan pernyataan.

" Anak tak mau sekolah padahal tidak sakit sama sekali biasanya ada masalah atau ia merasa jenuh dan kelelahan. Bisa fisik atau pun psikologis. Lihat lagi aktivitas hariannya, atau bisa
memulai membuka percakapan," ungkap Amy Morin, seorang psikolog anak.

Misalnya bisa menanyakan 'ada yang bikin kakak/adik takut ke sekolah' atau 'kamu kelelahan atau sedang sakit?'. Pancing buah hati untuk bercerita. Perhatikan juga perubahan sikapnya.
Bisa jadi karena nilainya yang jelek atau dapat perlakuan buruk di sekolah.

" Jika anak mulai bercerita, dengarkanlah dengan baik. Jangan mendahulukan emosi, cobalah lebih berempati karena ia yang menjalani rutinitas sekolah," ungkap Morin.

Untuk situasi di mana anak masih bisa bercerita alasan kenapa ia tak mau seolah, mungkin Anda bisa mencari solusi. Apabila anak sedang merasa sangat kelelahan dan jenuh, mungkin bisa diberi kelonggaran untuk tidak masuk satu hari. Tapi selanjutnya, harus dilihat lagi aktivitas hariannya.

" Ada anak yang cenderung diam, tak mau bercerita, menutup diri. Jika kondisi ini yang terjadi, coba gali informasi dari guru konselingnya di sekolah atau teman-temannya. Setiap hal pasti ada pemicunya," ujar Morin.

Sumber: Lemon Lime

Topik Terkait :

Anji Minta Tes DNA Leticia, Ini Kata Sheila Marcia

Jangan Lewatkan