Lewat Dongeng, Anak Bisa Lebih Paham Menjaga Lingkungan

Bisa dicoba nih mom!

Ferdike Yunuri Nadya
| 17 November 2021 14:09

Dream - Kebiasaan membuang sampah sembarangan di Indonesia masih sangat tinggi. Banyak orang menganggap bahwa membuang sampah di selokan, sungai, jalanan umum, dan taman, sebagai hal biasa.

Sangatlah penting mengajarkan pengelolaan sampah sejak usia dini. Perilaku membuang sampah dan memilah sampah bisa menjadi sebuah kebiasaan yang akan terus dilakukan hingga dewasa nanti. Dengan begitu, persoalan sampah Indonesia di masa depan bisa teratasi.

Mengenalkan kepedulian akan lingkungan dan sampah kepada anak sebenarnya cukup mudah. Sahabat Dream dapat melakukan hal-hal berikut untuk mengajak anak memilah sampahnya.

Melalui Dongeng

Membacakan dongeng pada anak mungkin terdengar sederhana tapi ternyata memiliki efek yang luar biasa.

Dengan dongeng, komunikasi antara anak dan orangtua menjadi lebih menyenangkan dan mudah diterima oleh di kecil. Jadi memberikan pemahaman tentang peduli lingkungan, akan lebih mudah dipahami anak melalui kegiatan dongeng ini.

 Unilever

" Dalam cerita dongeng bisa diselipkan tentang pentingnya tidak buang sampah sembarangan, bagaimana memilah plastik dan dampak ke depannya seperti apa. Dengan dongeng yang ringan tapi mengugah mereka, jadi dapat dengan mudah diterima anak-anak," ujar Tara de Thouars, Psikolog Klinis pada acara Unilever Generasi Pilah Plastik, 16 November 2021.

Selanjutnya :

Jawab Rasa Ingin Tahu Anak

Topik Terkait :

10 Artis dengan Umur Pernikahan Tersingkat

Jangan Lewatkan