Cara Mudah Cegah Si Kecil Lakukan 'Gerakan Tutup Mulut'

Penting untuk membuat variasi menu dan membuat camilan kaya rasa untuk balita.

Cynthia Amanda Male
| 4 November 2019 08:02

Dream - Saat anak di usia dini, terutama di rentang 0 hingga 5 tahun nutrisi anak harus jadi perhatian utama. Pemberian makanan pendamping ASI jadi hal yang sangat krusial. Hal ini karena nutrisi anak akan sangat berdampak pada perkembangan dan pertumbuhan di masa mendatang.

Pastikan menu pendamping ASI mengandung gizi lengkap, berupa karbohidrat, vitamin, mineral, zat besi serta berbagai nutrisi lainnya. Jangan hanya memberikan sayur dan buah, tapi juga makanan kaya lemak seperti daging, ikan atau hidangan laut.

" Pemberiannya harus mencukupi tambahan kalori, protein, vitamin A dan zat besi. Diberikan secara responsif dan terjadwal supaya di jam tertentu anak akan merasa lapar. Jangan lupa juga kemanan dan kebersihan asupannya,” ujar Saptawati Bardosono, seorang profesor Gizi Medik di Kota Kasablanka, beberapa waktu lalu.

Makanan pendamping ASI (MPASI) mulai diberikan pada usia 6 bulan. Nah, pada usia 6-8 bulan, bayi mulai belajar mencerna makanan padat. Awalnya bisa diberikan bubur halus, tapi lama-kelamaan naikan teksturnya.

“ Jadi nggak bisa sepadat nasi. Harus yang lumat dan selanjutnya boleh dikasih yang lebih kasar," ujar Saptawati.

 

Selanjutnya :

Berikan menu keluarga

Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik

Jangan Lewatkan