Cara Mengedukasi Anak Agar Terhindar dari Pelecehan Seksual

Anak harus dilatih dan diingatkan terus menerus.

Mutia Nugraheni
| 15 Maret 2021 10:03

Dream - Mengalami pelecehan apa pun bentuknya akan menimbulkan trauma sepanjang hidup. Terutama pelecehan seksual yang dilakukan pada anak-anak. Sebagian korbannya tak menyadari kalau mereka dilecehkan dan sebaliknya, malah merasa bersalah.

Pelecehan seksual terhadap anak mengacu pada keterlibatan seorang anak yang berusia kurang dari 17 tahun, dalam aktivitas seksual yang melanggar hukum. Hal ini tentunya dapat memengaruhi cara seseorang berpikir, bertindak, dan merasa seumur hidup.

Termasuk berdampak buruk pada kesehatan fisik, mental atau emosional jangka pendek dan jangka panjang. Salah satu cara untuk menghindari pelecehan pada anak adalah dengan mengajarkannya membaca situasi yang mengancam serta membuat mereka bisa menghindarinya. Apa saja?

1. Membicarakan Bagian Tubuh Sejak Dini
Sebutkan bagian tubuh dan bicarakan tentangnya sejak dini. Gunakan nama yang tepat untuk bagian tubuh, atau setidaknya ajari anak apa arti sebenarnya dari bagian tubuh mereka. Merasa nyaman menggunakan kata-kata yang pantas dan mengetahui artinya dapat membantu anak berbicara dengan jelas jika terjadi sesuatu yang tidak pantas.

2. Ajarkan Tentang Bagian Tubuh Bersifat Pribadi
Beri tahu anak bahwa bagian pribadi mereka disebut pribadi karena tidak dapat dilihat semua orang. Jelaskan bahwa orang lain tak boleh melihat yang ada di balik pakaian apalagi sampai menyentuhnya.

 

Selanjutnya :

Latih Anak

BERANI BERUBAH: Lepas Gengsi, Jemput Rezeki

Jangan Lewatkan