Cara Mendidik Anak secara Islami dengan 5 Prinsip Dasar

Mendidik anak jadi generasi Islam yang baik dan bertanggung jawab, bisa dilakukan dengan lima prinsip dasar ini.

Siwi Nur Wakhidah
| 8 Oktober 2019 08:03

Cara Mendidik Anak dengan Contoh

Lingkungan anak saat masih kecil, terbatas pada lingkungan orang tua, rumah, dan orang-orang di sekitarnya. Jika anak berbuat salah, perlu dikoreksi darimana ia meniru perilaku salah tersebut. Bisa jadi, anak meniru apa yang dilakukan orang tua, seperti apa yang mereka lihat dan dengar.

Cara Mendidik Anak

Dari kondisi tersebut, cara mendidik anak secara Islami yang paling mendasar ialah orang tua harus berperilaku yang baik dan jadi contoh baik bagi anak. Tanpa disadari orang tua, kadang anak melihat kebiasaan-kebiasaan orang tua dan akan meniru. Jadi, orang tua harus benar-benar berhati-hati dalam berperilaku dan bertindak.

Seperti riwayat Al-Bukhari, “Anda (Kalian) adalah wali dan bertanggung jawab atas dakwaannya. Penguasa yang memiliki otoritas atas orang adalah wali dan bertanggung jawab atas mereka, seorang lelaki adalah penjaga keluarganya dan bertanggung jawab atas mereka, seorang wanita adalah penjaga rumah dan anak-anak suaminya, bertanggung jawab atas mereka…”

Dari riwayat tersebut, kita bisa tahu kalau setiap orang tua akan dipertanyakan bagaimana tanggung jawab mereka dalam mendidik anak di hari akhir kelak.

Selanjutnya :

Cara Mendidik Anak dengan Kebaikan dan Kasih Sayang

Miris! Warga & PKL Tumpah Ruah di Pasar Tanah Abang Meski PSBB

Jangan Lewatkan