Cara Mendidik Anak secara Islami dengan 5 Prinsip Dasar

Mendidik anak jadi generasi Islam yang baik dan bertanggung jawab, bisa dilakukan dengan lima prinsip dasar ini.

Siwi Nur Wakhidah
| 8 Oktober 2019 08:03

Cara Mendidik Anak, Anak itu Masih Suci

Ketika anak melakukan kesalahan, cara ini penting untuk dilakukan. Perlu kita ingat sejak anak lahir, kalau mereka masih suci, polos dan berbeda dengan orang dewasa. Perilaku manusia dapat dibedakan menjadi dua, perilaku yang dipengaruhi oleh karakter internalnya, dan perilaku yang dipengaruhi oleh situasi sosialnya.

Cara Mendidik Anak

Dua macam perilaku manusia tersebut, juga terjadi pada anak-anak. Anak-anak dilahirkan dalam keadaan suci, murni, tanpa dosa, dan memiliki kecenderungan untuk melakukan kebaikan. Apabila dalam masa pertumbuhannya ia tidak dididik dengan baik, bisa jadi perilaku anak akan berubah karena pengaruh eksternal di lingkungannya.

Cara mendidik anak agar ia tetap terjaga dari lingkungan yang kurang baik, bisa dimulai dari orang tua dan lingkup rumah terlebih dahulu. Misalnya, ketika anak melakukan kesalahan, jangan dikasari apalagi melakukan hukuman fisik, karena anak-anak cenderung berperilaku meniru apa yang ia lihat dengar dan rasakan. Ciptakan lingkungan keluarga yang ramah dan penuh kasih sayang.

Selanjutnya :

Cara Mendidik Anak dengan Contoh

Miris! Warga & PKL Tumpah Ruah di Pasar Tanah Abang Meski PSBB

Jangan Lewatkan