Cara Mendidik Anak secara Islami dengan 5 Prinsip Dasar

Mendidik anak jadi generasi Islam yang baik dan bertanggung jawab, bisa dilakukan dengan lima prinsip dasar ini.

Siwi Nur Wakhidah
| 8 Oktober 2019 08:03

Dream- Anak adalah amanah bagi setiap orang tua. Sudah kewajibannya untuk mendidik anak jadi manusia yang saleh dan produktif. Setiap orang tua memiliki cara mendidik anak mereka sendiri, disesuaikan dengan latar belakang dan kebutuhan anak. Tapi, penting bagi orang tua muslim untuk mendidik anak dengan cara islami.

Cara mendidik anak secara islami memang tidak mudah, butuh kesabaran dan pola asuh yang tepat. Tidak sedikit orang tua mengalami kesulitan dan merasa kewalahan saat menghadapi anak-anak. Dalam Islam, mendidik anak jadi saleh tidak hanya untuk kebaikan anak kelak, tapi juga untuk kebaikan orang tua dan orang lain di sekitarnya.

Seperti yang diriwayatkan Abi Dawud, “ Ketika seseorang meninggal, tindakannya tidak akan dilanjutkan kecuali dengan tiga hal, sedekah, pengetahuan bermanfaat, dan seorang anak saleh berdoa untuknya.” Inilah pentingnya mendidik anak agar jadi anak saleh yang jujur dan bertanggung jawab.

Ada lima prinsip dasar mengasuh anak dalam Islam yang bisa dilakukan oleh orang tua agar anak jadi pribadi yang bermanfaat, saleh, dan bertanggung jawab.

Selanjutnya :

Cara Mendidik Anak, Anak itu Masih Suci

Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan

Jangan Lewatkan