Cara Jenahara Memotivasi Anak Berpuasa, Bisa Ditiru!

Saat berpuasa anaknya kerap mengeluh lelah dan sakit perut. Hal itu biasanya terjadi di awal puasa.

Mutia Nugraheni
| 4 Mei 2018 19:37

Dream - Bagi orangtua memberikan pemahaman kepada anak mengenai puasa tentu tidaklah mudah. Perlu dilakukan berbagai cara agar buah hati belajar dan termotivasi untuk berpuasa. Hal ini dialami oleh perancang busana muslim Indonesia, Jenahara Nasution.

" Anak pertamaku, perempuan umurnya udah 10 tahun. Jika sebelumnya puasa setengah hari, sekarang sudah mulai aku biasakan satu hari penuh," ujarnya saat ditemui di The Hook Restaurant and Cafe, Jakarta, Jumat 4 Mei 2018.

Menurut istri Ari Galuh Gumilang itu, saat berpuasa anaknya kerap mengeluh lelah dan sakit perut. Hal itu biasanya terjadi di awal puasa. Setelahnya, sang anak mulai terbiasa.

" Yang penting menurutku itu prosesnya. Bagaimana kita meyakinkan mereka mengenai puasa. Awalnya memang berat, di minggu-minggu pertama ia suka ngeluh. Tapi, lama-kelamaan sudah biasa saja," ungkap Jenahara.

Salah satu pendiri Hijabers Community ini mengungkapkan bagaimana caranya memberikan pemahaman mengenai puasa kepada anaknya adalah dengan mengajaknya ke pengajian. Saat ada kajian, anak akan mendengar penjelasan dari ustaz soal makna dan hukum berpuasa. Hal ini membantunya menjelaskan pada sang anak soal pentingnya berpuasa.

" Aku kan punya pengajian, pas bulan Ramadhan pengajiannya bisa hampir tiap hari. Aku sering ajak anakku untuk ikut pengajian dan minta ke penceramah untuk memberi selingan mengenai pemahaman puasa," imbuhnya.

Cara ini, menurut Jenahara, dapat memudahkan sang anak untuk memahami bahwa puasa tidak hanya sekedar dijalankan, tapi merupakan sebuah kewajiban.

" Untungnya anak pertamaku gampang diarahin dan dia sekolahnya di sekolah Islam. Jadi, lebih gampang memberi pemahaman tentang agama," ungkapnya.

Laporan Dina Nazhifah

 

Topik Terkait :

Dukung Prabowo-Sandi, Erwin Aksa Diberhentikan dari Golkar

Jangan Lewatkan