Cara Efektif Saat Dampingi Si Kecil Saat Kerjakan PR

Selalu sediakan waktu untuk mendampingi anak-anak belajar.

Cynthia Amanda Male
| 26 Maret 2019 14:10

 

Dream - Pekerjaan rumah (PR) atau tugas sekolah jadi bagian yang tak dapat dipisahkan dari pendidikan anak-anak. Tugas diberikan guru dengan maksud agar anak bisa mengerti materi dengan lebih baik dan orangtua terlibat aktif dalam pendidikan anak di sekolah.

Banyak orangtua yang cenderung malas mendampingi anak saat mengerjakan PR. Padahal hal ini sangat dibutuhkan anak, bukan untuk membantu mengerjakan tapi memberi motivasi. Bisa juga untuk membangun komunikasi antara anak dan orangtua agar jadi lebih baik.

" Orangtua seringkali terjebak dengan 'nanti anaknya hapal'. Padahal, pikiran anak terbiasa berhenti jika pertanyaannya habis. Nah, orangtua harus mengganti gaya belajar supaya anak terdorong untuk cari tahu jawabannya sendiri," ungkap Vera Itabiliana, psikolog Anak saat ditemui dalam acara Kidzania, di Jakarta Sekatan, Senin 25 Maret 2019.

Vera juga menegaskan bahwa orangtua tidak hanya perlu memberi konten pembelajaran pada anak, tapi juga cara belajarnya. Hal ini agar anak mengetahui cara menemukan solusinya.

" Misalnya saat mengerjakan PR. Orangtua tugasnya hanya membantu, bukan mengerjakan. Tanya PR-nya apa. Kalau sudah tahu cara mengerjakan, tanya lagi kesulitannya. Jadi, tahu harus membantu apa," pesan Vera.

Dengan cara tersebut, anak akan terbiasa mandiri untuk mencari solusi dan mengerjakan tugas-tugasnya. Begitupun saat anak belajar di rumah, usahakan buat suasana belajar yang nyaman baginya.

" Lakukan yang terbaik. Yang penting, jangan tiru cara belajar di sekolah seperti duduk rapi dan lain-lainnya. Di rumah harus lebih santai dan lebih mandiri. Tapi, tetap dibimbing," kata Vera.

Agar anak merasa nyaman belajar di rumah, orangtua bisa mengikuti cara belajar anak dan mengenali karakternya. Seperti apakah anak merupakan tipe pembelajar auditori, visual atau kinestetik.

" Jangan lupa untuk selalu menerima karakter belajar anak, menghargai usahanya dan mendengarkan opininya," tutup Vera.

Perjuangan Ria Irawan, Pantang Menyerah Lawan Kanker

Jangan Lewatkan