Cara Andalan Para Guru Ajarkan Anak Membaca, Wajib Dicoba

Lakukan hal ini saat membacakan buku cerita dan dongeng pada anak setiap malam demi mengasah kemampuan membacanya.

Mutia Nugraheni
| 20 Februari 2018 19:47

Dream - Kemampuan membaca tentunya perlu diasah sedini mungkin. Tapi bukan dengan mengajarkan si kecil dengan cara yang kaku, seperti memaksanya duduk dan menghafal tiap huruf.

Justru mengajarkan konsep kata adalah hal pertama yang sebaiknya dilakukan orangtua. Mengenalkan konsep kata sendiri adalah membuat anak paham bahwa ada sekelompok huruf yang dikelilingi oleh ruang putih di kedua sisinya.

" Kedengarannya cukup mudah? Tidak mudah bagi anak-anak terutama di usia 4 hingga 6 yang baru belajar mengenal huruf dan membaca. Anak-anak ini membutuhkan banyak dan banyak contoh dan latihan dengan menunjuk pada kata-kata saat mereka membaca," ujar Jamie White, seorang praktisi pendidikan usia dini.

Cara terbaik untuk berlatih adalah membiarkan anak-anak yang melihat dengan menunjuk menggunakan jari kata-kata dan membaca ulang teks yang sudah dikenal. Mereka akan memiliki perbendaharaan kata baru yang dilihatnya lagi dan lagi.

" Ajak anak-anak menunjuk setiap kata saat mereka membaca, dan agar sesuai dengan yang diucapkannya. Teknik ini sering juga disebut tracking word dan sangat pas untuk dilatih pada anak-anak balita saat membacakannya buku dongeng," ungkap White.

Saat membacakan buku untuk anak sebaiknya dengan menggunakan jari, Sahabat Dream menunjukkan tiap huruf dan kata dalam buku tersebut. Dengan cara ini mereka lebih cepa memahami konsep dari kumpulan huruf dan kata-kata.

Sumber: Play to Learn

Topik Terkait :

Biaya Kremasi 80 Juta, Hotman Paris Colek Kapolri

Jangan Lewatkan