Bunda, Jangan Lupa Manjakan Diri Setelah Persalinan

Dengan ibu melakukan perawatan, seperti pijat atau creambath akan membuat tubuh dan pikiran jadi lebih rileks.

Mutia Nugraheni
| 4 Mei 2018 14:04

Dream - Menjalani kehamilan selama 9 bulan, lalu bersalin. Fokus para bunda pun langsung tertuju pada mengurus bayi. Seringkali lupa kalau tubuh juga memerlukan perawatan. Bukan hanya fisik tapi juga psikis.

Setelah melahirkan, sesekali tak ada salahnya untuk memanjakan diri. Salah satu cara yang kerap dilakukan para orangtua dulu adalah memanggil tukang urut atau terapis pijat ke rumah. Jika tak bisa ke salon atau spa, memanggil pemijat ke rumah bisa dilakukan.

Jangan beranggapan kalau merawat diri setelah melahirkan adalah hal yang egois. Justru dengan ibu melakukan perawatan, seperti pijat, creambath atau potong rambut di salon, akan membuat pikiran ibu jadi lebih rileks.

" Kondisi mental ibu menjadi baik dan meningkat ketika dia dalam kondisi percaya diri atau nyaman dengan dirinya sendiri. Sehingga tidak apa, bila ibu sesekali pergi ke salon atau berolahraga (jika otot perut sudah pulih) jika mau menurunkan berat badan agar kembali merasa percaya diri dengan dirinya," kata ujar Inez Kristanti, seorang psikolog klinis.

Saat ibu sudah memiliki kepercayaan diri yang baik, melakukan hubungan intim pun tak jadi masalah. Merawat dan memanjakan diri setelah persalinan ini sangat penting sebenarnya untuk kenyamanan dan kepercayaan diri ibu.

Usai melahirkan, tak perlu memaksakan diri melakukan aktivitas berlebih. Apalagi sampai ingin segera mengembalikan bentuk tubuh seperti semula. Hal terpenting adalah ibu tetap melakukan olahraga ringan, seperti jogging atau jalan pagi.

Bukan hanya agar fisik lebih fit, tapi juga membuat kondisi psikologis jadi lebih stabil. Jangan segan juga perawatan di salon atau memanjakan diri rumah.


Sumber: Benedikta Desideria/ Liputan6.com

Melihat Tugas Dan Fungsi Wantimpres

Jangan Lewatkan