Bulan Ramadan, Bangun Kedekatan Psikologis dengan Anak

Manfaatkan momen selama satu bulan untuk lebih dekat dengan anak dan keluarga.

Razdkanya Ramadhanty
| 8 April 2021 14:04

Dream - Menjalani ibadah saat Ramadan tidak melulu tentang menahan diri, tapi bisa juga bermanfaat mendekatkan emosi dan psikologis anak dan orangtua. Penasaran mengapa?

Ternyata, melakukan aktivitas bulan Ramadan dari mulai sahur hingga berbuka bisa berfungsi sebagai suntikan energi agar anak tetap kuat berpuasa hingga waktu berbuka tiba.

Kegiatan yang dilakukan tersebut, jelas bisa menjalin keakraban dengan buah hati. Tak hanya itu, banyak ilmu dan pelajaran yang anak dapatkan selama Ramadan, terutama terkait ibadah.

" Dengan puasa anak bisa diajak ngobrol, persiapan apa yang harus dilakukan. Aktivitas mempersiapkan makanan dan memasak sederhana bisa meningkatkan bonding emosi orang tua dengan anak," ujar Ayoe P. Soetomo, psikolog anak, remaja, dan keluarga dalam konferensi pers #MomenNutella Rayakan Kebersamaan Keluarga di Bulan Ramadan, Rabu 7 April 2021.

Contohnya saat mempersiapkan masakan di waktu sahur. Meski singkat, sahur menjadi waktu yang tepat untuk merangsang kecerdasan kognitif, motorik, sensorik, dan juga emosi anak. Ketika mempersiapkan bahan-bahan, libatkan anak sesusai kemampuannya.

 

 

Selanjutnya :

Libatkan Anak

Merawat Warisan [TEASER]

Jangan Lewatkan