Bukan Cuma Memberi Nafkah, Ini Tugas Ayah dalam Islam

Banyak ayah yang menganggap kalau tugas sudah cukup dan selesai dengan memberi nafkah. Padahal...

Mutia
| 11 Februari 2018 08:32

Dream - Anak merupakan amanah dari Allah SWT. Selama ini terkait pendidikan anak, baik seputar akhlak, agama maupun pengetahuan dasar, cenderung dibebankan pada ibu. Ibu memang merupakan madrasah pertama bagi anak.

Tapi faktanya ayah juga memiliki kewajiban yang sama, bukan hanya mencari nafkah. Banyak ayah yang menganggap kalau tugas sudah cukup dengan memberi nafkah. Padahal ada tugas yang lebih penting yaitu memenuhi kebutuhan rohani anak-anak berupa keimanan dan amal saleh.

Seperti dikutip dari Al-atsariyyah.com, Allah SWT tidak pernah memerintahkan para ayah untuk melindungi anaknya dari panasnya terik matahari atau dari perihnya rasa lapar. Tetapi justru Allah memerintahkan para ayah untuk melindungi anak-anak mereka dari api neraka. Hal ini tertulis di surah At-Tahrim ayat 6.

 At Tahrim ayat 6


Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, jagalah diri-diri kalian dan keluarga-keluarga kalian dari api neraka, yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.

Sudah dipastikan bahwa setiap ayah tentu sangat menyayangi dan mencintai anak-anaknya dan tidak akan tega membiarkan anak-anaknya tidak makan atau tidak berpakaian, maka apakah dia tega jika anaknya dijadikan sebagai bahan bakar neraka atau berpakaian dengan pakaian dari api neraka?

Selengkapnya baca di sini

Sumber: Al-atsariyyah.com

Cucu Aa Gym & Menantu Hatta Rajasa Meninggal Dunia

Jangan Lewatkan