Buah Hati Tak Bisa Kendalikan Amarah? Bantu dengan Cara Ini

Beberapa anak mudah frustrasi sehingga gampang meledak dan tak terkendali.

Mutia Nugraheni
| 1 Maret 2021 08:03

Si Kecil Memukul Saat Marah, Apa yang Harus Dilakukan?

Dream - Saat seorang anak melakukan tindakan kekerasan, tentunya ini sangat mengkhawatirkan. Terutama ketika anak memukul, menendang atau melukai orangtua atau saudaranya.

Ledakan emosi anak yang membuatnya melakukan tindakan fisik cukup normal. Penting diingat, hal itu bukan gambaran perasaannya pada orang di sekeliling tapi kemampuannya yang belum bisa mengendalikan dan mengekspresikan emosi dengan baik.

"Tugas orangtua adalah bereaksi dengan tenang, membantu mereka menemukan cara berbeda untuk mengekspresikan emosi. Ingat, cara ini untuk anak-anak yang lebih kecil, bukan remaja yang sudah memiliki kesadaran lebih besar tentang tindakan mereka," ujar Laura Markham, psikolog dan penulis buku Peaceful Parent.

Hanya karena tindakan tersebut bisa dimengerti, bukan berarti boleh dilakukan. Pada saat dipukul oleh anak, hal pertama yang penting dilakukan adalah menghindar dan menjauh darinya, terutama jika emosi juga terpancing.

"Tindakan apa pun yang dilakukan pada anak saat ia memukul bisa memicu hasil yang tidak baik bagi Anda berdua," ungkap Laura.

 

Selanjutnya :

Anak Butuh Mengeluarkan Emosi

Jokowi Resmi Lantik Pengisi Dua Kementerian Baru dan Kepala BRIN

Jangan Lewatkan