Buah Hati Tak Bisa Kendalikan Amarah? Bantu dengan Cara Ini

Beberapa anak mudah frustrasi sehingga gampang meledak dan tak terkendali.

Mutia Nugraheni
| 1 Maret 2021 08:03

Dream - Mengalami ledakan amarah kerap terjadi pada anak-anak. Terutama saat mereka dilarang melakukan sesuatu hal yang membuatnya penasaran atau disukainya. Anak bisa menangis, berguling hingga mengamuk dan histeris karena hal tersebut.

Saat anak tak bisa mengendalikan emosi dan amarahnya tentu orangtua harus membantu. Beberapa anak mudah frustrasi sehingga gampang meledak dan tak terkendali.

Terutama jika amarah meraka mengganggu hubungan dan kualitas hidupnya, penting untuk mengajari mereka keterampilan mengendalikan emosi dengan cara yang sehat. Bagaimana menyikapi anak yang sedang marah? Cara-cara berikut bisa dicoba.

Ajari Anak Mengenal Perasaan
Anak-anak cenderung emosional ketika mereka tidak memahami perasaannya sendiri atau tidak dapat mengungkapkannya secara verbal. Sehingga mereka meluapkannya dengan amarah yang tak terkendali. Untuk membantu anak-anak belajar mengidentifikasi dan memberi label perasaan, mulailah dengan mengajarkan kata-kata perasaan dasar seperti " marah" , " sedih" , " bahagia" , dan " takut" .

Beri label perasaan anak dengan mengatakan, " Sepertinya kakak/ adik merasa sangat marah saat ini" . Seiring waktu, anak akan belajar memberi label pada emosi mereka sendiri. Saat anak mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang emosi dan bagaimana menggambarkannya, ajarkan kata-kata perasaan yang lebih detail seperti frustrasi, kecewa, khawatir, dan kesepian.

 

Selanjutnya :

Aktivitas menenangkan

Puasa Pertama Atta Bareng Aurel: Baju Baru Plus Disuapi

Jangan Lewatkan