Buah Hati Suka Gigiti Kausnya? Bisa Jadi Menenangkan Diri

Terkadang, anak yang lebih besar memiliki kebiasaan mengigiti pakaian mereka.

Mutia Nugraheni
| 29 April 2022 11:12

Dream - Beberapa anak memiliki kebiasaan yang mungkin bagi orang dewasa tampak aneh. Salah satunya adalah menggigiti kaus dan pakaian mereka. Bisa di garis leher, ujung lengan, atau ujung kemeja.

Sahabat Dream mungkin ingat tahap oral pada bayi, ketika mereka memasukkan semua benda ke dalam mulut mereka. Bayi melakukan ini saat tumbuh gigi atau untuk belajar tentang dunia di sekitar mereka.

Lalu apa yang terjadi ketika seorang anak prasekolah atau anak usia sekolah mengisap atau mengunyah baju mereka atau item pakaian lainnya? Terkadang, anak yang lebih besar memiliki kebiasaan mengigiti pakaian mereka.

Bisa jadi mengunyah atau mengisap bahan sampai menjadi berlubang atau menipis. Penyebabnya ternyata anak mencari ketenangan.

" Stimulasi oral memainkan peran penting dalam perkembangan anak. Pencarian motorik oral berakar pada metode pengaturan diri atau ketenangan kami yang paling dasar,” kata Monal Patel, MS, OTR/L, terapis okupasi di Blue Bird Day Program di Chicago, IL.

“ Sejak bayi hingga balita, seorang anak menggunakan refleks rooting untuk memenuhi kebutuhan dasar lapar dan haus. Kemudian, mereka mungkin menggunakan pola mengisap itu untuk menenangkan diri, dan paling sering dalam bentuk dot dan mengisap ibu jari," ujar Monal.

 

Selanjutnya :

Cari Pertolongan Jika Berbahaya

Keseruan Prilly Latuconsina Naik Balon Udara di Turki

Jangan Lewatkan