Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Buah Hati Lahir di Bulan Juli? Kecenderungan Ini Bisa Dialaminya

Buah Hati Lahir di Bulan Juli? Kecenderungan Ini Bisa Dialaminya Bayi

Dream - Memasuki pekan pertama di Juli 2021, suasana pandemi tak kunjung berakhir. Kondisinya di Indonesia bahkan dalam situasi yang sangat parah. Bagi Sahabat Dream yang tengah bersiap melahirkan di Juli ini mungkin harus melakukan persiapan lebih matang dan menjalani protokol kesehatan ketat.

Suasana tenang memang sangat dibutuhkan jelang persalinan. Berusahalah untuk tenang dan menyambut hadirnya buah hati yang dinanti, karena akan menghadirkan kebahagian dalam keluarga. Terutama bayi-bayi yang lahir di bulan Juli.

Ada beberapa kecenderungan yang mungkin belum Sahabat Dream ketahui pada anak-anak yang lahir di bulan Juli. Apa saja?

Penghibur keluarga dan setia
Bayi-bayi yang lahir di bulan Juli diketahui memiliki kepribadian menyenangkan dan kerap menghibur orang terdekatnya. Anak yang lahir di bulan Juli dikenal sebagai orang yang setia. Saat dewasa mereka juga jadi sosok yang penuh dengan kepedulian. Mereka akan selalu ada untuk membantu keluarga, bahkan ketika mereka memiliki sudah memiliki kesibukan sendiri.

 

Optimistis

Lebih bahagia
Anak yang lahir di bulan Juli cenderung lebih bahagia. Hal ini menurut studi Universitas Vanderbilt, yang menunjukkan bayi yang lahir di musim panas cenderung tidak mengalami depresi daripada bayi yang lahir di musim dingin. Para peneliti percaya bahwa hal itu ada hubungannya dengan "jam biologis" bayi yang baru lahir yang secara permanen dicap oleh siklus cahaya musim panas.

Pemimpin yang baik
Orang yang lahir di bulan Juli sering kali ambisius tetapi murah hati. Mereka sering menginspirasi orang lain dan cenderung mengambil alih komando di tempat kerja. Anak-anak yang lahir di bulan Juli memiliki ciri pemimpin yang baik.

Sangat optimistis
Orang yang lahir di bulan Juli juga memiliki pemikiran positif dan cenderung lebih optimistis. Hal ini menurut penelitian di Barcelona, Spanyol karena mendapat asupan vitamin D yang cukup dari paparan matahari.

Sumber: RedTri

Ledakan Emosi Pada Anak 7-9 Tahun, Ternyata Ini Sebabnya

Dream – Saat kita melihat buah hati berusia tujuh atau delapan tahun tiba-tiba mulai bersikap mudah marah dan menangis, tentunya kita akan merasa cemas. Mungkin bingung mngapa seorang gadis kecil yang ceria lalu jadi pemarah walaupun hanya karena hal sepele.

Rupanya anak usia 7-8 tahun mengalami fase di manamenjadi begitu mudah kesal dan marah. Fase ini merupakan tahapan perkembangan yang dikenal dengan sebutan Adrenarche. Para ilmuwan telah mengamati tahapan ini dan percaya bahwa anak-anak usia enam hingga delapan tahun mulai mengalami lonjakan hormon yang dapat menyebabkan peningkatan emosi.

Penelitian yang dilakukan di Australia untuk Childhood to Adolescence Transition Study menemukan bahwa, anak-anak kelas dua dan tiga atau berusia 7 hingga 9 tahun cenderung mengalami peningkatan androgen adrenal, merupakan hormon yang berperan besar dalam masa pubertas beberapa tahun kemudian.

Peningkatan alami pada androgen adrenal ini bisa terjadi pada semua anak, meskipun tidak semuanya ditunjukkan melalui perubahan suasana hati atau perilaku. Adrenarche merupakan tahap perkembangan terpisah yang biasanya terjadi setidaknya dua tahun sebelum masa pubertas.

"Adrenarche sebagai fase perkembangan yang penting di mana anak-anak menempatkan beberapa dasar emosional dan metabolisme untuk masa remaja. Inilah momen seorang anak benar-benar mulai mengembangkan konsep dirinya yang mereka bawa ke masa remaja dan dewasa," kata George Patton, profesor psikiater anak dan remaja dan kepala penelitian kesehatan remaja di Murdoch Children's Research Institute.

 

Ciri Saat Anak Berada di Fase Adranarche

Adranarche dapat dilihat dari perubahan psikologis dan emosional. Hormon yang mengalir pada tubuh anak-anak, mungkin berdampak signifikan pada perasaan mereka, tetapi cenderung tidak menyebabkan gejala fisik seperti pertumbuhan rambut kemaluan, rambut ketiak atau adanya jerawat.

"Androgen adrenal adalah neurosteroid yang tampaknya berpengaruh pada beberapa jalur yang terlibat dalam pemrosesan emosi," ungkap Patton.

Ini menandakan bahwa anak berusia tujuh atau delapan tahun, akan tampak marah atau menangis tanpa alasan saat mereka sedang berjuang untuk memproses emosi mereka. Dan pada saat itu terjadi, mungkin mereka akan ada pada fase berselisih dengan sekelompok teman, bahkan perubahan perilaku mereka yang akan berubah dari karakter biasanya. Untungnya, ada cara bagi orang tua untuk membantu mengelola perubahan anak-anak mereka.

 

Bagaimana Cara Menyikapinya?

Tahap Adrenarche dapat membingungkan orangtua karena mereka biasanya berharap anak bersikap seperti 'biasanya'. Menurut Liat Hughes Joshi seorang pakar pengasuhan dan penulis buku "5-Minute Parenting Fixes" mengungkap kalau komunikasi adalah kuncinya.

"Bicaralah dengan anak tentang bagaimana perasaannya saat dalam kondisi yang tenang," saran Joshi.

Pastikan untuk berdiskusi pada anak untuk menghasilkan strategi yang dapat membantu mereka. Salah satu caranya adalah dengan mendorong mereka untuk menarik napas dalam-dalam saat merasa kesal. Dia juga memperingatkan agar tidak membiarkan anak untuk berperilaku buruk hanya karena hormon.

"Periksa pemicu lain dalam kehidupan anak yang dapat menyebabkan perubahan perilaku mereka daripada menghubungkan semuanya dengan hormon, bisa juga karena ada penyebab lain," kata Joshi.

Laporan Yuni Puspita Dewi/ Sumber: Parents

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
3 Kondisi Pada Bayi Baru Lahir yang Sering Bikin Kaget
3 Kondisi Pada Bayi Baru Lahir yang Sering Bikin Kaget

Bayi bisa mengalami hal-hal yang mungkin dianggap aneh, padahal sebenarnya cukup normal.

Baca Selengkapnya
Doa Agar Orang Senang Melihat Wajah Kita, Ikuti Tips Berikut!
Doa Agar Orang Senang Melihat Wajah Kita, Ikuti Tips Berikut!

Tiap orang mungkin berharap memiliki wajah yang memancarkan aura positif. Dengan sikap ramah dan penuh aura positif, orang akan senang melihat wajah kita.

Baca Selengkapnya
Banyak Orang Tak Tahu, Cabut Bulu Hidung Sendiri Bisa Berbahaya
Banyak Orang Tak Tahu, Cabut Bulu Hidung Sendiri Bisa Berbahaya

Beberapa orang mencabut bulu hidungnya sendiri karena mengganggu penampilan atau merasa kurang nyaman. Ternyata, kebiasaan ini bisa membahayakan kesehatan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
5 Trik Biasakan Bangun Pagi, Buat yang Ingin Jadi Morning Person
5 Trik Biasakan Bangun Pagi, Buat yang Ingin Jadi Morning Person

Banyak orang percaya jika orang sukses memiliki jam tidur yang lebih sedikit dan bangun lebih awal dibanding orang lain.

Baca Selengkapnya
Maksud Hati Ingin Bikin Kue Lebaran Cantik, Hasilnya Malah Memprihatinkan
Maksud Hati Ingin Bikin Kue Lebaran Cantik, Hasilnya Malah Memprihatinkan

Saat dicetak, kue dibentuk sangat cantik menyerupai kelopak bunga. Setelah matang bentuknya berubah total.

Baca Selengkapnya
Bahaya Terlalu Sering Mengucek Mata, Bisa Picu Masalah Kornea
Bahaya Terlalu Sering Mengucek Mata, Bisa Picu Masalah Kornea

Mengucek mata bisa disebabkan beberapa hal. Ketahui penyebabnya agar bisa terhindar dari kebiasaan yang justru memperburuk kesehatan mata.

Baca Selengkapnya