Biarkan Anak Gagal, Penting untuk Tumbuhkan Optimistis

Orangtua perlu berperan aktif untuk menumbuhkan sikap optimistis pada anak.

Mutia Nugraheni
| 24 Juni 2020 10:02

Dream - Kondisi pandemi seperti sekarang membuat anak banyak mendapat sudut pandang negatif, terutama dalam ketidakpastian. Menumbuhkan sikap untuk bisa selalu melihat sesuatu dari sisi positif dan berpandangan positif saat berada di segala situasi pun butuh waktu, memang tak mudah.

Orangtua perlu berperan aktif untuk menumbuhkan sikap optimistis pada anak. Orangtua tak bisa menyuruh anak untuk optimistis bila orangtua sendiri tidak menunjukkan atau mencerminkan sikap optimis dalam dirinya.

Tunjukkan dengan tindakan, itu adalah salah satu tips paling umum untuk menumbuhkan sikap optimis pada anak. Selain itu, ada tips-tips lain yang bisa dicoba juga untuk menumbuhkan sikap optimis pada buah hati tercinta.

1. Perkenalkan Pikiran Positif dan Negatif
Mengutip buku Parenting tanpa Galau, sulit untuk menunjukkan sikap optimis saat merasa negatif. Untuk itu, bantu anak untuk mengenali emosi dan pikirannya. Dalam situasi tertentu, anak mungkin akan merasa tidak nyaman karena terus berpikiran negatif. Bantu anak untuk mengelolanya. Tak apa membiarkan pikiran negatif itu muncul, tapi setelah itu coba alihkan dengan memunculkan sesuatu yang positif untuk menggantikan pikiran negatif tersebut.

 

Selanjutnya :

2. Izinkan Anak Mengalami Kegagalan

Melihat Kelanjutan Nasib Konser Tunggal Ayu Ting Ting

Jangan Lewatkan