Biarkan Anak Bebas Bermain Demi Kesehatan Psikologisnya

Cobalah sesekali biarkan anak bermain dengan temannya dan tak perlu berada di dekatnya.

Mutia Nugraheni
| 16 Agustus 2018 14:11

Dream - Pernahkah Anda membiarkan si kecil bermain dengan anak lain begitu saja? Hanya mengawasi dari jauh dan tak melakukan intervensi sama sekali. Rupanya hal ini sangat penting diterapkan pada anak-anak.

Banyak yang mengistilahkannya sebagai " downtime parenting" . Ahli saraf, psikolog dan pakar pengasuhan anak sangat merekomendasikan hal ini. Pasalnya, otak anak-anak memerlukan momen yang bebas dari apapun.

" Terpisah dari orang dewasa, melamun, memproses dan mengintegrasikan informasi yang terkumpul selama hari-hari sibuk mereka. Pada intinya, menyediakan waktu bermain yang bebas tanpa intervensi apapun dari orang dewasa membuat otaknya berfungsi secara optimal," ujar Lenore Skenazy, pakar pengasuhan anak.

Untuk menerapkan hal ini akan sangat baik jika dilakukan di lingkungan rumah. Ajak anak bermain di taman atau area bermain yang penuh dengan anak-anak. Biarkan ia bermain sendiri untuk kemudian berusaha bermain dengan anak lain. Cukup awasi dari jauh.

Anak akan belajar banyak melalui rasa ingin tahunya. Jika kita terus memberi tahu, mendampingi dan menunjukkan caranya, maka bisa menghambat proses belajarnya.

" Dengan bermain bebas mereka justru akan lebih menikmati tiap momen bermainnya, melamun dan memikirkan banyak hal yang sangat bagi perkembangan intelektual dan psikologisnya," kata Skenazy.

Cobalah sesekali biarkan anak bermain dengan temannya dan tak perlu berada di dekatnya. Anda bisa mengawasi dari jarak yang cukup jauh.

Lihat bagaimana responsnya dalam lingkungan tersebut. Mereka pasti akan memiliki pengalaman baru yang akan sangat membantu proses pembelajarannya.

Sumber: PureWow

Topik Terkait :

(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary

Jangan Lewatkan