Berusahalah Lebih Keras Saat Komunikasi dengan Anak Remaja

Mereka kadang lebih suka menghabiskan waktu bersama teman-temannya dan sangat malas berbicara dengan ayah dan ibunya.

Mutia
| 10 Agustus 2018 16:11

Dream - Memiliki anak yang sudah berusia remaja sekitar 13 tahun ke atas, orangtua memang harus punya banyak trik dan kesabaran ekstra. Anak-anak usai tersebut sedang berada di masa puber.

Hormon pertumbuhan membuatnya jadi sangat berbeda. Jangan kaget jika anak jadi sangat memberontak, ia pun lebih suka menghabiskan waktu bersama teman-temannya dan sangat malas berbicara dengan ayah dan ibunya.

" Orangtua harus lebih aktif membangun komunikasi dengan anak remaja, masuk ke dalam dunianya, mengenal teman-teman, kesukaan mereka dan memperlakukan buah hati layaknya sebagai pribadi yang sudah memiliki sudut pandangnya sendiri," ujar Lily Allred, seorang psikolog keluarga, seperti dikutip dari Family Circle.

Membuka pembicaraan dengan anak remaja juga perlu trik tersendiri. Kuncinya adalah jangan langsung menghakimi, marah-marah dan langsung merespons negatif. Bisa dimulai dengan bertanya hal yang disukai, misalnya grup musik favorit atau kabar temannya di sekolah.

" Saat ia mulai berbicara, pancinglah dengan pertanyaan yang hangat, ingin tahu tapi tak seperti detektif. Jangan memberi saran jika ia tak meminta. Atau bisa tanyakan dulu 'kamu mau tahu gak kalau mama jadi kamu bakal bagaimana', cara ini membuat mereka merasa dihargai," ungkap Allred.

Lalu bagaimana jika anak remaja sedang tak ingin berkomunikasi sama sekali. Pulang sekolah ia langsung menyendiri di kamar dan keluar hanya untuk mandi dan makan. Saat Anda mengajaknya berbicara, ia pun langsung menghindar.

" Banyak hal yang membuat anak remaja bersikap demikian, bisa jadi karena kelelahan memiliki masalah yang tak ingin diketahui orang lain atau merasa ayah dan ibunya sedang tak 'asyik'. Jangan terlalu terbawa perasaan, Anda hanya perlu memberikannya waktu untuk sendiri," kata Allred.

Anda bisa menggenggam tangan, memeluk atau membawakan minuman hangat sebelum tidur. Tak perlu banyak bicara tapi anak tahu, ayah dan ibunya akan selalu ada untuknya. Komunikasi bisa dilakukan dengan banyak hal, termasuk dengan bahasa tubuh.

Topik Terkait :

Mana Nama Suzzanna yang Benar

Jangan Lewatkan