Berdoa, Cara Penting Ajarkan Si Kecil untuk Bersyukur

Penting bagi orangtua untuk mengajarkan anak-anaknya berdoa sejak dini.

Mutia Nugraheni
| 24 April 2019 14:04

Dream - Bagi umat muslim sangat dianjurkan untuk mengawali hal apapun dengan doa. Bukan hanya saat makan, tapi hingga saat ke kamar kecil. Berdoa kepada Allah SWT membuat kita menjadi pribadi yang lebih tenang, berpasrah diri dan selalu dalam lindungan-Nya.

Penting bagi orangtua untuk mengajarkan anak-anaknya berdoa sejak dini. Salah satu makna berdoa adalah bersyukur. Anak bisa diajarkan dan dilatih menjadi pribadi yang penuh rasa syukur dengan berdoa.

Bayangkan jika anak tak pernah diajarkan bersyukur atas apa yang didapatkan. Ia akan menjadi pribadi yang egois dan sombong.

Tubuh yang sehat, makanan yang nikmat, mainan yang banyak, orangtua yang lengkap. Begitu banyak hal yang harus disyukuri, dan itu wajib diucapkan dalam doa. Anak pun akan lebih mengenal dan dekat dengan Allah SWT melalui doa.

Ia tahu kalau ada kekuatan yang begitu besar yang membuatnya bisa bangun di pagi hari, bisa berjalan dan bisa bermain. Dengan berdoa, anak juga akan lebih menghargai apa yang dimilikinya serta jiwanya merasa 'penuh'.

Saat mengajarkan doa bahasa Arab, penting untuk menjelaskan juga artinya pada anak. Ingat, bukan hanya agar anak menghafal tapi juga benar-benar mengetahui maknanya. Hal ini agar anak-anak mengerti secara jelas apa yang mereka ucapkan sehari-hari.

Bisa juga meminta si kecil membuat doanya sendiri. Misalnya saat bersyukur karena sudah mendapat makanan kesukaannya dan berdoa agar besok bisa mendapatkannya lagi. Membiasakannya berdoa, berarti juga membiasakannya bersyukur untuk hal-hal kecil.

Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa

Jangan Lewatkan