Bentuk Anak Bermental Tangguh, Tiru 3 Ucapan Para Guru

Mereka yang bermental tangguh terbiasa dengan lingkungan yang penuh motivasi sejak kecil.

Mutia
| 3 Agustus 2018 10:10

Dream - Hasrat orangtua adalah selalu memberikan perlindungan dan pertolongan untuk anak-anaknya. Tapi hal itu tentu tak bisa dilakukan terus menerus. Kita juga perlu melatih anak untuk berusaha keras dengan kemampuannya sendiri.

Mengalami kegagalan lalu mencoba lagi, dan tetap berusaha merupakan hal yang tak bisa dilatih dalam satu dua hari. Mereka yang bermental tangguh terbiasa dengan lingkungan yang penuh motivasi sejak kecil.

Para guru biasanya sangat andal membentuk hal ini. Terutama ketika mereka memotivasi anak muridnya di kelas untuk mencapai nilai yang tinggi dan prestasi tertentu. Tak ada salahnya untuk meniru trik para guru saat memotivasi murid-muridnya jadi bermental tangguh.

Bagaimana caranya? Ucapan ini kerap kali dilontarkan para guru. Layak Anda tiru!

1. 'Itu memang sulit, tapi bapak/ ibu guru tahu kamu bisa menyelesaikannya'
Biasanya ini dilontarkan ketika para murid dihadapkan dengan soal pelajaran dengan materi yang sulit. Memupuk kepercayaan diri anak-anak sangat penting agar mereka berusaha keras menyelesaikan masalah yang rumit. Ucapan tersebut semacam afirmasi positif bagi anak-anak.

2. " Bapak/ ibu guru ingin kalian mencoba, tapi jika tak bisa silakan bertanya/ minta bantuan'
Ada anak-anak yang cenderung tak mau mencoba hal-hal yang penuh tantangan. Mereka biasanya selalu berada di zona nyaman. Untuk membentuk anak bermental tangguh tentu harus membuatnya mencoba berbagai hal baru. Kalimat tersebut bisa Anda lontarkan agar buah hati lebih berani.

3. " Kakak/ adik ingat ketika belajar sepeda, jatuh berkali-kali?"
Saat mempelajari hal baru, misalnya pelajaran yang rumit, belajar berenang, kalah dalam pertandingan, anak akan mengalami kesulitan atau kegagalan. Hal itu kadang membuat mereka kelelahan secara fisik dan psikologis. Untuk memotivasinya lagi, ingatkan buah hati sebuah momen di mana mereka.

Sumber: Fatherly

 

Topik Terkait :

Menyusui Juga Perjuangan, Semangat Mom!

Jangan Lewatkan