Benarkah Urutan Kelahiran Pengaruhi Kepribadian Anak?

Cari tahu faktanya.

Mutia Nugraheni
| 8 April 2021 08:02

Kepribadian Anak Tengah

Anak tengah sering merasa tersisih dan merasa, 'saya bukan yang tertua, aya bukan yang termuda, siapa yang perhatikan?'. Hal ini kerap membuat anak tengah jadi yang paling mudah beradaptasi dengan situasi.

Begitu seorang adik lahir, mereka harus belajar bagaimana terus-menerus bernegosiasi dan berkompromi untuk "menyesuaikan diri" dengan semua orang. Anak tengah biasanya paling ramah dan berempati tinggi.

Secara umum, anak tengah cenderung pribadi yang menyenangkan, agak memberontak, punya banyak teman, memiliki lingkaran pergaulan yang besar dan suka mendamaikan.

Kepribadian anak paling kecil/ bungsu
Anak-anak bungsu cenderung menjadi yang paling berjiwa bebas karena sikap orangtua yang semakin longgar dalam prinsip pengasuhan anak. Si bungsu biasanya pecinta kesenangan, tidak rumit, manipulatif, pencari perhatian, dan berpusat pada diri sendiri.

Kekuatan anak bungsu adalah mereka punya cara sendiri untuk memenangkan perhatian. Mereka pemikat alami dengan kepribadian sosial yang ramah. Tidak mengherankan jika banyak aktor terkenal dan komedian adalah anak bungsu. Anak bungsu cenderung mendapat skor lebih tinggi dalam "keramahan" pada tes kepribadian daripada anak sulung.

Selanjutnya :

Sikap Orangtua yang Membandingkan Bisa Picu Konflik Sengit Kakak Beradik

Viral, Artis dan Mantan Menteri Saling Tuding Insiden Nyerempet Mobil

Jangan Lewatkan