Bayi di Bawah 1 Tahun Sudah Sekolah, Ini Manfaatnya

Bayi perlu terus-menerus diberikan stimulasi yang tepat agar pertumbuhannya optimal.

Mutia Nugraheni
| 12 Oktober 2017 14:03

Dream - Mulai banyak bermunculan kelas-kelas khusus untuk bayi di bawah 1 tahun. Ada yang secara khusus, misalnya berenang, seperti Aquatic baby.

Ada juga kelas seni dan kelas sensorik. Terdapat juga babygym yang memberikan stimulasi motorik baik halus maupun kasar.

Para orangtua pun berlomba-lomba 'menyekolahkan' bayi mereka. Biasanya, kelas untuk bayi ini berlangsung selama 30 menit hingga 1 jam.

Sangat disarankan agar para orangtua mendampingi anak-anak mereka secara langsung dan bukan pengasuh atau kakek/ neneknya.

Lalu apa manfaat yang didapatkan bayi dengan mengikuti kelas-kelas tersebut?

Jawaban kuncinya adalah stimulasi. Bayi perlu terus-menerus diberikan stimulasi yang tepat agar pertumbuhan baik fisik dan kognitifnya berkembang dengan optimal. Kelas-kelas yang
ditawarkan tersebut, memiliki metode stimulasi yang terarah dan terkonsep.

Biasanya pihak sekolah memiliki konsultan khusus, seperti dokter anak, dokter anak spesialis tumbuh kembang, psikolog anak, dan terapis bersertifikat. Orangtua pun harus terlibat aktif
saat mendampingi anak.

Pasalnya, saat sekolah, bukan saja bayi yang diberikan stimulasi tapi orangtua juga harus belajar bagaimana memberikan stimulasi yang tepat saat berada di rumah. Misalnya, saat ingin
melatih bayi menggenggam, permainan apa saja yang bisa diberikan. Lalu ketika ingin melatih motorik kasar, berupa merangkak, ada cara untuk 'memancingnya' agar bergerak.

Hal yang tak kalah penting adalah berkonsultasi soal perkembangan bayi dengan para guru atau terapis yang memberikan materi. Hal ini karena perkembangan tiap bayi berbeda-beda jadi tidak bisa disamakan.

Stimulasi yang diberikan pun akan berbeda meski usia bayi dalam satu kelas sama. Jadi, penting untuk mengetahui kondisi perkembangan bayi Anda sendiri secara detail agar bisa mendapat stimulasi dengan tepat.

 

 

Selanjutnya :

Jangan Sekedar Ikut Tren

Topik Terkait :

Nagita Positif hamil Anak Kedua

Jangan Lewatkan