Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Batasi Penggunaan Gadget Pada Anak Bisa Pancing Kreativitasnya

Batasi Penggunaan Gadget Pada Anak Bisa Pancing Kreativitasnya Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Anak-anak saat ini sudah sangat akrab dengan gadget. Mereka bisa dengan mudah mengoperasikan, memainkan dan menonton video dengan gadget tanpa perlu dioperasikan orang dewasa.

Tak masalah memberikan gadget pada anak, tapi waktu pemakaiannya harus dikontrol. Jangan membiarkan anak berjam-jam bermain gadget. Pasalnya, anak yang terlalu lama main gadget akan berdampak buruk pada kreativitasnya.

Menurut laporan American Academy of Pediatrics tentang Media Use in School-Aged Children and Adolescents, ada banyak efek buruk dari pemaparan gadget yang terlalu lama.

Terlalu lama bermain gadget telah terbukti menjadi salah satu faktor risiko obesitas dan depresi. Gadget juga dapat mempengaruhi tidur anak secara negatif, yang pada akhirnya juga berakibat pada kinerja akademik di sekolah mereka.

 

Penurunan Minat

Ditambah lagi, menghabiskan waktu terlalu lama untuk bermain gadget juga berkaitan dengan penurunan minat dalam hubungan di kehidupan nyata. Dadget termasuk ke dalam paparan perilaku berisiko tinggi pada anak.

Namun, gadget tidak selalu menghasilkan perilaku yang buruk pada anak. Cobalah memulai untuk menetapkan batasan yang jelas dan konsisten pada waktu anak untuk bermain gadget.

Ketika memiliki batasan waktu yang jelas, anak akan mulai bisa berpikir cara terbaik untuk memanfaatkan waktu tersebut guna bermain gadget. Inilah yang kemudian mempromosikan kreativitas pada anak.

Laporan Annisa Wulan/ Sumber: Fimela

WHO: Anak Usia 2-4 Hanya Boleh Gunakan Gadget 1 Jam Per Hari

Dream - Ponsel pintar, tablet serta gadget lainnya kini memang tak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Bahkan anak-anak usia balita pun susah sangat akrab dengan alat elektronik satu ini.

Mereka menganggapnya sebuah mainan yang sangat menyenangkan. Bisa menonton serial favorit di YouTube, membuat filter wajah yang lucu atau utik-utik games. Untuk itu orangtua harus memberi batasan pada anak soal pemakaian gadget ini.

Jangan sampai anak bermain berlebihan dan membuat mereka kecanduan. World Health Organisation (WHO) atau Badan Kesehatan Dunia, baru saja mengeluarkan pedoman mengenai berapa batas waktu maksimal ada mengggunakan gadget, terutama yang berusia di bawah 4 tahun.

Menurut pedoman tersebut, seperti dikutip dari World of Buzz, anak-anak berusia dua hingga empat sebaiknya hanya menghabiskan waktu kurang dari satu jam sehari di depan layar. Sementara, bayi berusia satu tahun tidak boleh menggunakan gadget.

WHO juga memperingatkan para orangtua, agar jangan menghabiskan banyak waktu pada smartphone dan tablet. Pasalnya, anak-anak perlu berinteraksi dengan orang lain, terutama orangtua mereka untuk memperoleh keterampilan bahasa dan sosial.

"Masa usia dini adalah periode perkembangan yang cepat dan masa ketika pola gaya hidup keluarga dapat diadaptasi untuk mendorong peningkatan kesehatan. Bentuklah sebaik mungkin," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom.

Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa terlalu banyak waktu menonton film dapat menghambat perkembangan anak-anak dalam berbagai aspek. Sebagai contoh, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam JAMA Pediatrics menunjukkan bahwa penggunaan gadget berlebihan dapat menunda kemampuan bahasa dan sosial balita.

Orangtua Wajib Follow Akun Media Sosial Anak, Ini Alasannya

Dream - Media sosial kini jadi bagian yang tak dapat dipisahkan dari pergaulan sosial. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram dan masih banyak lagi. Anak-anak, terutama yang berusia remaja, sudah sangat akrab dengan media sosial tersebut.

Sebagai orangtua di generasi sekarang, kita tak boleh lengah dengan hal ini. Penting untuk memantau dan mengontrol serta mendidik anak menggunakan media sosial dengan bijak.

Caranya adalah dengan follow akun media sosial anak-anak. Lihat bagaimana postingan atau apa yang disukainya.

Hindari Anak dari Pengaruh Buruk

Waspada Anak Punya 'Second Account'

Hal tersebut dilakukan agar anak tidak memiliki second account dan masih bisa dipantau kegiatannya di media sosial. Kegiatan yang dimaksud tidak hanya unggahan anak, tapi juga konsumsi kontennya.

Jadi, orangtua pun disarankan untuk mengikuti akun yang juga diikuti anak. Bisa dengan akun sendiri atau akun lain. Sebenarnya yang lebih penting menurut Vera adalah, orangtua membuka diskusi dengan anak, terkait pengaruh media sosial ini

"Orangtua juga harus follow akun yang anak follow supaya anak bisa dihindari dari konten vulgar. Dengan follow akun anak, orangtua bisa diskusi kalau ada postingan aneh, menyimpang atau cyberbully," tutupnya.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
5 Cara Efektif Mengurangi Ketergantungan Gadget pada Anak

5 Cara Efektif Mengurangi Ketergantungan Gadget pada Anak

Peran orang tua memiliki signifikan yang besar terkait penggunaan perangkat gadget kepada anak-anak.

Baca Selengkapnya
Liburan Anak Banyak Main Gadget, Lakukan 5 Hal untuk Jaga Kesehatan Matanya

Liburan Anak Banyak Main Gadget, Lakukan 5 Hal untuk Jaga Kesehatan Matanya

Jangan sampai setelah libur panjang, kesehatan mata anak mengalami masalah.

Baca Selengkapnya
Pakai Gadget Seharian,  Lakukan 6 Langkah Agar Mata Selalu Sehat

Pakai Gadget Seharian, Lakukan 6 Langkah Agar Mata Selalu Sehat

Di era digital ini, penggunaan gadget telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Orangtua Lengket dengan Gadget, Perkembangan Bahasa Anak Terancam

Orangtua Lengket dengan Gadget, Perkembangan Bahasa Anak Terancam

Penting bagi orang tua untuk meningkatkan kualitas komunikasi dengan si kecil.

Baca Selengkapnya
Screen Time Berlebih Bisa Picu Gangguan Perkembangan Emosi Anak

Screen Time Berlebih Bisa Picu Gangguan Perkembangan Emosi Anak

Pemakaian gadget tidak hanya berdampak pada kecerdasan anak. Hal tersebut juga bisa menyebabkan gangguan perkembangan emosi.

Baca Selengkapnya
Stuck Pada Gadget Berjam-jam, Efeknya ke Fisik dan Mental

Stuck Pada Gadget Berjam-jam, Efeknya ke Fisik dan Mental

Bukan hanya anak-anak yang akan terkena dampak negatif dari terlalu lama bermain gadget, orang tua pun akan merasakan efeknya.

Baca Selengkapnya
Panduan Memilih dan Memakai Sunscreen untuk Anak

Panduan Memilih dan Memakai Sunscreen untuk Anak

Sunscreen disarankan untuk dipakai sejak bayi, namun pemakaiannya harus tepat. Produknya pun harus dipilih dengan cara yang tepat agar perlindungannya maksimal.

Baca Selengkapnya
Dokter Ingatkan Jaga Kesehatan Mata Saat Harus Pakai Gadget Seharian

Dokter Ingatkan Jaga Kesehatan Mata Saat Harus Pakai Gadget Seharian

Bekerja dengan memakai gadget seharian bisa mengganggu kesehatan mata jangka panjang. Cegah hal tersebut dengan beberapa tips dari ahli.

Baca Selengkapnya
Ada Gak Sih Waktu Paling Tepat Si Kecil untuk Sunat?

Ada Gak Sih Waktu Paling Tepat Si Kecil untuk Sunat?

Ada orangtua yang tak tega ketika anaknya masih kecil untuk disunat, ada juga yang ingin secepat mungkin.

Baca Selengkapnya