Banyak Bercerita, Bikin Otak Anak 'Lebih Kaya'

Biasakan untuk saling bercerita setiap hari. Dengarkan cerita anak dan sebaliknya.

Mutia Nugraheni
| 13 September 2019 14:02

Dream - Biasakan untuk menceritakan hal-hal apa yang Sahabat Dream alami pada buah hati. Lakukan hal ini setiap hari. Bisa cerita tentang perjalanan ke kantor, rencana olahan masakan hari ini atau mungkin hal-hal favorit.

Minta juga anak bercerita tentang kesibukannya di sekolah, atau saat bermain, di tempat les dan aktivitasnya seharian. Saling bertukar cerita adalah hal yang sangat menyenangkan bagi anak dan bisa memperkuat ikatan anak dan orang tua.

Tak hanya itu, bercerita merupakan proses belajar yang sangat penting. Otak anak akan distimulus untuk berbicara secara runut, mengingat kembali apa yang dialami, termasuk menganalisis secara mendalam apa yang telah dilakukannya.

" Bercerita akan mengolah kembali semua bentuk pengalaman mereka dalam bahasa. Kemampuannya dalam berbicara akan bertambah. Ini sangat penting dilakukan di masa golden age karena akan membuat landasan kuat di tumbuh kembang dia pada masa depan nya," kata Jovita Ferliana, M.Psi, seorang psikolog anak, di Jakarta, Kamis 12 September 2019.

Jovita juga mengungkap ada banyak manfaat dari saling bertukar cerita secara rutin. Penting untuk diketahui Sahabat Dream.

Selanjutnya :

Melatih mengambil keputusan

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone

Jangan Lewatkan