Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bantu Redakan Amarah Si Kecil dengan Cara Positif

Bantu Redakan Amarah Si Kecil dengan Cara Positif Anak Tantrum (Foto: Shutterstock)

Dream - Menghadapi anak yang marah dan mengamuk, banyak orangtua yang memintanya untuk ke kamar. Maksudnya agar anak merasa tenang dan berpikir dengan jernih, dan menunggu sampai level emosinya menurun.

Tepatkah langkah demikian? Sebagian besar orangtua melakukannya karena cara ini dianggap paling efektif, tapi ternyata kurang tepat.

"Jika kita mengirim anak kita yang marah ke kamarnya, dia memang akan tenang, pada akhirnya. Tapi anak juga aka merasa takut, tak tahu bagaimana mengontrol amarahnya, merasa orangtuanya jahat dan tidak dibantu mengatasi emosinya," ujar Dr. Laura Markham, seorang pakar pengasuhan anak seperti dikutip dari Motherly.

Menurut Laura, kita dapat membantu anak-anak kita belajar mengelola kemarahannya. Caranya mulai dengan menerima kemarahan kita, tetapi menahan diri untuk tidak bertindak dengan menyerang orang lain.

"Selalu ada cara untuk mengekspresikan apa yang kita butuhkan tanpa menyerang orang lain," ungkap Laura.

 

Kontrol Emosi

Coba beberapa langkah positif berikut. Langkah pertama adalah dengan dengan mengontrol emosi sendiri.

"Jauhkan diri dari terpancing emosi karena sikap anak dengan menarik napas panjang. Ini mencontohkan pengaturan emosional dan membantu merasa lebih aman," kata Laura.

Langkah kedua adalah berusaha mendengarkan. Coba mengakui kalau anak merasa kesal. Seringkali, ketika orang tidak merasa didengar, emosinya bakal meningkat.

"Sebaliknya, ketika anak merasa dipahami, ia akan mulai merasa lebih tenang, bahkan ketika ia tidak mendapatkan apa yang diinginkannya. Hal ini akan mulai dipahaminya jika dilakukan berulang," ungkap Laura.

 

Tahan Diri

Langkah ketiga, saat anak tenang, tahan diri untuk memberinya 'kuliah. Biarkan anak mencerna sendiri kondisi yang dialaminya. Orangtua yang juga emosi bisa mengontrol dan hal itu akan dipelajarinya.

"Sebaik-baiknya contoh adalah langsung dari sikap orangtua yang bertemunya setiap hari," pesan Laura.

Jangan Marah Saat Anak Coret Tembok, Ini Efek Positifnya

Dream - Anak-anak suka sekali menggambar, bukan hanya di kertas atau buku gambar, tapi juga tembok. Bagi orangtua yang memiliki anak balita, biasanya tembok rumah akan dienuhi dengan coretan tak beraturan di segala sisi.

Tampilan rumah memang jadi terkesan kotor dan berantakan, tapi sebaiknya jangan memarahi anak jika mereka suka coret-coret tembok. Aktivitas yang suka bikin sakit kepala para orangtua ini ternyata memiliki sederet efek positif bagi perkembangan anak.

Sediakan saja satu sisi tembok yang boleh dicoret-coret di rumah. Biarkan anak menumpahkan ekspresi dan imajinasinya di tembok tersebut. Dampak positif berikut bakal didapatkan anak, jika mereka diperbolehkan coret-coret tembok.

 

Mengasah kemampuan motorik

Manfaat coret-coret dinding untuk perkembangan anak yang pertama adalah membantu perkembangan motoriknya. Apakah itu coretan tak beraturan atau lukisan indah yang patut dipajang, keduanya sama penting.

Menggambar akan membantu perkembangan kemampuan motorik anak sejak usia dini, baik kasar dan terutama halus. Membebaskan dan mendukung anak untuk mencoret-coret sejak dini akan sangat membantu koordinasi mata dan motoriknya, terutama tangan dan jari-jari.

Orangtua dapat membantunya dengan memberi contoh untuk diikuti. Mulai dari bentuk yang sederhana seperti bulat dan persegi, kemudian berkembang ke yang lebih kompleks seperti menggambar sebuah benda.

 

Menyalurkan emosi dan berekspresi

Anak tidak selalu dapat mengekpresikan dirinya dengan kata-kata. Menggambar dan mencorat-coret, adalah salah satu cara lain anak berkomunikasi. Orangtua dapat menyelami perasaan dan cara berpikirnya dengan membebaskan mereka berekspresi melalui gambar dan coretan. Perasaan memiliki kebebasan dalam berekspresi ini juga akan meningkatkan kemampuan emosional serta inteligensi anak.

 

Mengembangkan kemampuan mengatasi masalah

Manfaat coret-coret dinding selanjutnya adalah mengembangkan kemampuan anak dalam memecahkan masalah. Saat menggambar, anak dihadapkan pada berbagai proses pengambilan keputusan dan pemecahan masalah.

Mulai dari yang sederhana seperti bagaimana menghubungkan satu titik dengan titik lainnya, hingga proses yang lebih kreatif seperti warna apa yang ingin digunakan. Pertanyaan-pertanyaan ini akan menstimulasi kemampuan anak dalam mengambil keputusan juga memecahkan masalah.

Orangtua bisa mendukungnya dengan memberi pertanyaan pancingan seperti apa alasan anak menggambar sebuah benda dan warna apa yang menurut mereka seharusnya digunakan untuk mewarnai bagian tertentu –seperti langit, atau air.

 Laporan Husnul Abdi/ Sumber: Liputan6.com

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Bikin Mi dengan Racikan Berbeda, Manis Gurih dengan Campuran Tomat

Bikin Mi dengan Racikan Berbeda, Manis Gurih dengan Campuran Tomat

Kalau kita olah mie dengan bumbu-bumbu dapur yang lain, rasanya bakal jauh lebih top dan enak, loh. Salah satunya, nih, mie tomat, Sahabat Dream.

Baca Selengkapnya
Main Ponsel Sampai Tengah Malam, Bikin Kulit Cepat Keriput

Main Ponsel Sampai Tengah Malam, Bikin Kulit Cepat Keriput

Pernahkah Sahabat Dream bermain ponsel hingga larut malam?

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Segudang Manfaat Mandi Sebelum Subuh, Apa Saja?

Segudang Manfaat Mandi Sebelum Subuh, Apa Saja?

Mandi sebelum subuh, memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan kebersihan kita loh, Sahabat Dream.

Baca Selengkapnya
4 Pilihan Minyak Sehat untuk Memasak, Demi 2024 Tubuh Lebih Fit!

4 Pilihan Minyak Sehat untuk Memasak, Demi 2024 Tubuh Lebih Fit!

Jadi, minyak apa saja yang memiliki kualitas tinggi? Simak, selengkapnya Sahabat Dream.

Baca Selengkapnya
Semangka Sebaiknya Tak Dimakan Malam Hari, Ini Alasannya

Semangka Sebaiknya Tak Dimakan Malam Hari, Ini Alasannya

Apakah Sahabat Dream termasuk pencinta buah semangka?

Baca Selengkapnya
Resep Ayam Bakar Bumbu Kari, Bisa Jadi Pengganti Opor Saat Lebaran

Resep Ayam Bakar Bumbu Kari, Bisa Jadi Pengganti Opor Saat Lebaran

Kari ayam bakar juga dapat disesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan, mulai dari yang lembut hingga yang sangat pedas. Yuk intip resepnya.

Baca Selengkapnya