Bantu Buah Hati Nikmati Waktu di Sekolah

Untuk membuat suasana belajar menyenangkan, bukan hanya tugas guru.

Mutia Nugraheni
| 23 April 2017 17:08

Dream - Setiap orangtua ingin anak mereka menikmati waktunya saat bersekolah. Untuk beberapa anak, itu terjadi secara alami. Tapi ada juga yang membutuhkan bantuan agar mereka senang pergi ke sekolah.

" Sekolah merupakan rumah kedua, ketika anak berangkat sudah dalam kondisi stres, kesal, dan penuh beban pasti akan berdampak pada prestasi akademik dan kondisi psikologisnya," ujar Layla Rahmah, seorang psikolog anak.

Ia pun menyarankan untuk orangtua turun langsung membantu anak agar ia lebih bisa menikmati proses belajar. Apa saja yang bisa dilakukan orangtua? Hal pertama tentunya menemani belajar.

" Coba bantu mereka mengerjakan PR. Tentu saja tidak membantu semuanya, hanya jika ada pertanyaan yang ia kesulitan mengerjakannya. Dengan membantu mereka, Anda juga jadi tahu apa yang mereka pelajari di sekolah," kata Rahmah.

Untuk membuat suasana belajar menyenangkan, bukan hanya tugas guru. Coba ajari pelajar di sekolah dengan cara kreatif. Misalnya dengan membuat bola, grafik atau gambar. Lalu warnai dengan menarik dan taruh di kamar anak.

Hal yang tak kalah penting dalam membuat anak nyman di sekolah adalah lingkungan pertemanannya. Memiliki teman di sekolah, justru bisa membantu anak menjadi rajin. Dukung anak Anda untuk memiliki teman baru dengan begitu mereka akan senang pergi ke sekolah meskipun hanya untuk bertemu temannya.

Laporan Gemma Fitri Purbaya

 

Sumber: The Spruce

 

 

Topik Terkait :

Ini Layanan Internet 5G Pertama di Indonesia

Jangan Lewatkan