Bantu Buah Hati Hadapi Ujian di Sekolah, Ini Caranya

Pendampingan orangtua saat anak belajar sangat berdampak positif pada kemampuan kognitif dan kondisi mentalnya.

Mutia Nugraheni
| 14 Desember 2017 11:58

Dream - Pekan ujian, ulangan umum, evaluasi belajar, apapun namanya pasti akan dihadapi para pelajar. Biasanya di pertengahan atau akhir tahun ajaran. Tentunya ujian ini untuk mengetahui kemampuan para siswa dalam menyerap pelajaran.

Dalam momen pekan ujian seperti sekarang, anak seringkali merasa khawatir, gugup atau malah bingung. Mereka harus mempelajari banyak materi, mengatur waktu untuk belajar, serta
menjaga kondisi agar tetap fit.

Sebagai orangtua tentu Anda ingin mendampingi anak belajar dan membantunya lebih siap dalam menghadapi ujian. Berikut hal yang bisa dilakukan untuk bisa membantu buah hati.

Bantu siapkan materi
Kadang anak-anak terutama yang masih di tingkat Sekolah Dasar (SD) belum tahu menyiapkan materi yang harus dibaca untuk menghadapi ujian. Catatan mereka juga berantakan. Untuk
membantunya Anda bisa membuat kartu-kartu atau flash card. Ajarkan juga si kecil membuat mind mapping untuk membantunya mengingat materi.

Menu kaya protein
Telur, kacang-kacangan, ikan laut sangat penting untuk membantu kerja otak. Anda bisa memberinya makanan kaya protein dan DHA untuk membantu kerja otak si kecil. Makanan
berprotein tinggi juga membuat kondisi mood anak jadi lebih stabil tak mudah panik atau khawatir.

Sudut belajar nyaman
Siapkan sudut belajar nyaman untuk si kecil. Pastikan lampunya cukup terang, tidak terlalu bising dan membantunya untuk fokus. Bisa di kamar atau ruangan lain. Buatlah suasanya rumah juga dalam kondisi tenang.

Latihan
Bisa juga membantunya mengerjakan soal-soal latihan atau menulis kembali materi yang telah dihapalkannya. Menulis sangat membantu anak mengingat lebih baik dan bisa tahu jika ada kurang atau yang salah.

Jika memang sebelumnya hasil jian anak memiliki nilai yang kurang, Anda memang harus berbicara dengan guru. Hal ini untuk tahu apa saja yang dibutuhkan anak dan kekurangannya serta mencari solusi. Pendampingan orangtua saat anak belajar sangat berdampak positif pada kemampuan kognitif dan kondisi mentalnya.

Sumber: Parents

Topik Terkait :

BERANI BERUBAH: Lepas Gengsi, Jemput Rezeki

Jangan Lewatkan