Bahaya Sering Menuntut Anak untuk Jadi yang Terbaik

Perlu jadi perhatian bagi para orangtua.

Mutia Nugraheni
| 26 Maret 2021 10:04

Risiko Penyakit Mental

Orangtua memiliki pendapat dan pendekatan berbeda untuk menyemangati anak-anak mereka. Ekspektasi yang tinggi kadang bisa menyehatkan, tapi memberikan tekanan terus-menerus pada anak-anak bisa berbahaya. Ketika anak merasa bahwa setiap keberhasilan aktivitas yang dilakukan akan menentukan masa depan mereka, maka tekanan tersebut dapat memiliki konsekuensi negatif.

"Anak-anak yang merasa berada di bawah tekanan yang sangat besar memiliki risiko penyakit mental yang lebih tinggi. Anak-anak yang merasa berada di bawah tekanan terus-menerus dapat mengalami kecemasan, level stres tinggi hingga depresi," ujar Lockhart.

Tekanan juga membuat meningkatkan risiko anak untuk melakukan kecurangan. Saat fokus anak adalah pada pencapaian dan bukan proses belajar, mereka sangat mungkin berbuat curang. Hal yang juga perlu diperhatikan anak, anak yang selalu tertekan bisa menghambat perkembangan kepercayaan dirinya.

"Mendorong anak untuk berprestasi bisa merusak harga diri mereka. Pembentukan identitas anak-anak dan menyebabkan mereka merasa tidak cukup baik. Tentunya ini sangat menyedihkan," ungkap Lockhart.

Sumber: VeryWell Family

 

Selanjutnya :

Anak yang Terlalu Pintar Berisiko Miliki Gangguan Psikologis

BERANI BERUBAH: Takjil Drive Thru Masjid Al Azhar

Jangan Lewatkan