Bahaya Sering Menuntut Anak untuk Jadi yang Terbaik

Perlu jadi perhatian bagi para orangtua.

Mutia Nugraheni
| 26 Maret 2021 10:04

Gangguan Mood

Gangguan mood yang dicurigai berupa attention deficit hyperactivity (ADHD), gangguan spektrum autisme, dan beberapa penyakit seperti alergi makanan, asma, dan penyakit autoimun.

Hasil penelitian menunjukan, orang yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata cenderung memiliki gangguan spektrum autisme. Lalu, 80 persen peserta lainnya lebih mungkin didiagnosis ADHD, dan 83 persen peserta cenderung mengalami gejala kecemasan. Tak hanya itu, 182 persen peserta lain lebih mungkin untuk mengalami gangguan mood.

Menanggapi penelitian tersebut, psikolog Ikhsan Bella mengatakan tidak semua orang yang sangat pintar pasti memiliki gangguan psikologis. Hanya saja, anak yang jenius memang sering frustasi dengan lingkungannya karena mereka memiliki pemikiran yang berbeda dengan teman sebayanya.

“Anak jenius itu, kan, biasanya pemikiran mereka lebih maju daripada anak seusianya. Terkadang hal ini buat mereka frustasi karena pemikiran mereka seolah berbeda dari umumnya, padahal sebenarnya pemikiran mereka lebih maju. Kalau memang menimbulkan masalah sama lingkungannya, ini berarti ada masalah dalam pengasuhan dan lingkungan sekitarnya,” ungkap Ikhsan.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

Merawat Warisan [TEASER]

Jangan Lewatkan