Bahasa Cinta Anak yang Sering Tak Disadari Orangtua

Tiap orang memiliki cara mengungkapkan cinta secara berbeda. Termasuk juga anak-anak.

Mutia Nugraheni
| 13 Oktober 2020 12:02

Dream - Banyak orang dewasa tak bisa mengungkapkan rasa cinta secara gamblang. Seperti 'aku sayang kamu', 'aku cinta kamu' atau 'aku kangen kamu'. Hal ini karena sejak kecil mereka tak terbiasa mengungkapkan perasaannya secara lisan dan detail.

Gary Chapman, Ph.D., seorang konselor pernikahan yang jug penulis buku The 5 Love Languages menjelaskan kalau memang tiap orang memiliki cara mengungkapkan cinta secara berbeda. Termasuk juga anak-anak.

Chapman menjelaskan bahwa kita semua mengungkapkan cinta, dan mengalaminya, dengan lima cara yang sama. Antara lain melalui sentuhan fisik, hadiah, kata-kata penegasan, tindakan pelayanan, dan waktu yang berkualitas, tapi ada satu cara yang selalu dilakukan anak.

“ Orangtua harus tahu bagaimana mengkomunikasikan cinta kepada seorang anak sehingga dia benar-benar merasa dicintai," kata Chapman.

Mengapa kita harus tahu bahasa cinta anak? Hal ini agar kita tahu bagaimana memenuhi kebutuhan anak akan cinta dan emosinya dengan cara yang pas dan dimengerti olehnya.

Berikut ungkapan cinta anak yang sering tak disadari orangtua. Jika anak melakukan hal berikut, jangan lupa untuk membalas dengan memeluk, mengucap sayang atau hal lain yang menunjukkan cinta padanya.

 

Selanjutnya :

1. "Peluk aku! Kejar aku!"

Dream Ngobras "MENGHAPUS STIGMA NEGATIF COVID-19"

Jangan Lewatkan