Bagi Anak, Pengalaman Seru Lebih Berkesan Dibanding Hadiah

Anak-anak membutuhkan banyak pengalaman baru untuk mengisi memorinya dengan pelajaran dan keterampilan hidup.

Mutia
| 12 Juli 2017 16:07

Dream - Memberikan mainan atau gadget mahal untuk anak sebagai hadiah sudah pasti membuat mereka kegirangan. Anak bahkan bisa tidur dengan hadiah tersebut dan terus memainkannya karena sudah menginginkannya sejak lama.

Jika Anda punya ritual memberi hadiah mahal sebagai kado ulang tahun, sesekali ubahlah hadiah tersebut jadi pengalaman seru. Misalnya mengajak anak liburan di daerah terpencil, bermalam di perahu, hiking ke gunung serta pengalaman lain yang sangat berkesan.

" Pengalaman akan sangat melekat di ingatan anak. Apalagi pengalaman menyenangkan bersama orangtuanya, saat berlibur misalnya atau saat ikut terlibat dalam kerja sosial membantu orang yang membutuhkan. Anak akan belajar banyak dari pengalaman, termasuk mengenali emosi orang lain dan mengasah empati, serta membuatnya jadi lebih cermat mencari solusi," ujar Alan Steve, seorang psikolog anak, seperti dikutip dari Babble.

Dari pengalaman ini, orangtua semacam memberi hadiah yang 'menempel' selamanya. Ingatan itu akan melekat bahkan hingga anak dewasa, bukan tak mungkin nantinya anak juga akan membagi pengalamannya tersebut pada pasangan dan keturunannya kelak.

" Tak ada yang lebih melekat dibandingkan pengalaman berkesan, bahkan hingga tua. Anak-anak membutuhkan banyak pengalaman baru untuk mengisi memorinya dengan pelajaran dan keterampilan hidup, yang tak mereka dapatkan di bangku sekolah," ujar Steve.

 

Topik Terkait :

Laporan Khusus - Muslim Penakluk Oscar

Rekomendasi Pilihan

Jangan Lewatkan

Jangan Sembarangan Memilih Fotografer Bayi
DO IT YOURSELF 11 Juli 2017 19:42

Bukan hanya hasil foto yang indah pertimbangan utama yaitu keamanan dan keselamatan buah hati