Bagaimana Menghadapi Anak yang Sulit Mencoba Hal Baru?

Anak cendrung memiliki pemikiran yang mendalam dan analisis yang detail terhadap lingkungannya.

Mutia Nugraheni
| 23 September 2020 16:06

Dream - Kemampuan beradaptasi, serta tak takut mencoba hal baru merupakan keterampilan hidup yang sangat penting. Seringkali anak-anak yang berusia di bawah 7 tahun, selalu menolak saat diminta mencoba sesuatu.

Misalnya, mencoba menu makanan baru, berada di lingkungan baru atau ketika ada aktivitas seru yang bisa dicoba tapi ia menolaknya. Kondisi ini biasanya dihadapi anak yang highly sensitive atau sangat sensitif.

" Anak yang sangat sensitif saat ada di situasi baru, misalnya di ruang kelas, pesta ulang tahun, atau kelas berenang, mereka bertanya-tanya, tempat apa ini? Apa yang akan terjadi disini? Siapakah orang-orang ini? Apa yang bisa saya harapkan dari mereka? Apakah mereka akan menyukai saya? Apakah saya akan aman? Begitu banyak pertanyaan di kepalanya," kata Claire Lerner seorang pakar pengasuhan anak.

Anak tersebut memiliki pemikiran yang mendalam dan analisis yang detail terhadap lingkungan. Ini membuatnya sangat cerdas, berwawasan dan memiliki kemampuan analisis yang baik. Sayangnya, hal tersebut membuat mereka lebih rentan terhadap kecemasan.

" Untuk mengatasinya, mereka berpegang teguh pada zona nyaman mereka, yang berarti mereka sering menolak sesuatu yang baru," kata Lerner.

 

Selanjutnya :

Lalu bagaimana mengatasinya?

Solidaritas Era Digital Pesta Rakyat Simpedes 2020

Jangan Lewatkan