Ayah, Pastikan Dampingi Putri Kesayangan Saat Masa Puber

Ibu biasanya langsung turun tangan, tapi ayah juga punya andil besar dalam membentuk kepribadian remaja putri.

Mutia Nugraheni
| 21 Oktober 2020 08:03

Dream - Pubertas adalah masa yang sulit bagi gadis remaja. Orangtua mungkin khawatir dengan perubahan hormonal, emosional, dan fisik yang akan terjadi pada putri kesayangan.

Membesarkan seorang gadis remaja akan lebih mudah jika orangtua membangun komunikasi yang baik. Penting juga bagi orang orang tua mengelola ekspektasi dan mencoba untuk tidak terlalu reaktif dengan sikap remaja yang kadang penuh emosi. Kuncinya adalah empati.

Jill Whitney, seorang terapis pernikahan dan keluarga, ia ingin orangtua memahami satu hal penting. Yaitu pubertas adalah sebuah fase, dan ini terasa sepi dan sulit khususnya bagi gadis remaja.

" Orangtua dapat membantu perasaan terisolasi remaja putri itu dengan mempersiapkan anak sedini mungkin. Misalnya, memberikan informasi tentang perubahan fisik pubertas, membelikan buku seputar masa puber atau mengajak berdiskusi," kata Jill.

Tanyakan juga pada anak apa yang ia ketahui seputar masa pubertas. Bagi para ibu ini saatnya menceritakan pengalaman dulu saat puber, hal ini akan membuat anak merasa kalau ia tak sendirian.

 

Selanjutnya :

Ayah Jadi Teladan

Rexona Brightest Squad Hunt 2020 - Coaching Class - 24 November 2020

Jangan Lewatkan