Ayah Juga Tanggung Kesalahan Anak di Akhirat? Simak Penjelasannya

Para ayah diwajibkan untuk bekerja dan berusaha membimbing keluarganya, bukan diwajibkan untuk berhasil.

Mutia Nugraheni
| 23 Juni 2022 14:11

Dream - Menjadi seorang kepala keluarga dan berperan sebagai suami serta ayah merupakan tanggung jawab besar. Lelaki dalam Islam memang memiliki fitrah sebagai pemimpin keluarga, untuk itu harus berusaha menjadi contoh dan teladan yang baik bagi anak dan istrinya.

Kebutuhan nafkah pun, dalam Islam merupakan kewajiban kepala keluarga. Satu hal yang mungkin banyak yang beranggapan kalau kesalahan istri dan anak juga ditanggung oleh ayah sebagai pemimpin keluarga.

Hal tersebut tak sepenuhnya tepat. Ustaz Dr. KH. Ali Nurdin, MA, lewat Instagram @cariustadz.id memberikan penjelasan. Menurutnya, tugas ayah memang membimbing dan jadi teladan baik tapi keputusan dibuat secara masing-masing.

" Kalau kita sebagai kepala keluarga seperti saya sebagai suami, tapi nanti apa yang dilakukan oleh istri saya, anak-anak saya, ya keputusan pribadi masing-masing. Kalau saya tidak membimbingnya, saya tidak mengajarinya, saya tidak bertanggung jawab, tidak mendoakannya yang menjadi kewajiban saya, itu salah," ungkap KH Ali.

Selanjutnya :

Diwajibkan Bekerja dan Berusaha, Bukan Berhasil

Momen Shafira Fitri Baraja Juara DIW 2022 Jalani Umroh

Jangan Lewatkan