Ayah Bunda, Ucapkan Kalimat Ini Agar Si Kecil Mau Mendengar

Lakukan terus-menerus, sampai buah hati belajar dan bisa untuk mendengarkan orang lain.

Mutia Nugraheni
| 18 Juni 2019 14:03

Dream - Idealnya, anak-anak selalu mendengarkan apa yang dikatakan orangtua. Tapi ini tak selalu terjadi. Apa yang dikatakan orangtua kerap hanya 'lewat' dan anak sangat sulit diatur serta mengulangi kesalahan yang sama.

Menghadapi situasi ini memang sangat menguras emosi. Bagi Sahabat Dream yang sedang kesulitan menghadapi anak yang sangat sulit diberitahu coba ucapkan 3 kalimat berikut. Lakukan terus-menerus, sampai buah hati belajar dan bisa untuk mendengarkan orang lain.

1. " Memang sulit/ berat ya"
Anak sangat lamban padahal sudah mendekati jam masuk sekolah. Ia tampak malas-malasan. Biasanya kita akan menghujani dengan 'nanti telat, dihukum bu guru lho' atau 'aduh lamban banget sih kak, udah telat nih'.

Cobalah sesekali tunjukan empati. Ungkapkan 'memang berat ya kak, ngantuk, mandi pagi terus ke sekolah, tapi kan biar pinter banyak temen'. Kaliman ini membuat anak tahu kalu orangtua juga merasakan apa yang dirasakannya. Dengan begitu ia cenderung lebih bisa mendengarkan.

2. " Kamu pasti bisa kok"
Tuga menumpuk atau ulangan yang begitu banyak, kadang membuat anak kewalahan. Belum lagi kalau ia ikut ekstrakurikuler atau kompetisi. Dalam situasi ini, level kepercayaan diri anak biasanya menurun drastis.

Jangan menekan apalagi memojokkannya. Beri anak motivasi dan kepercayaan kalau ia bisa mengatasinya. " Kakak/ adik pasti bisa kok, anak ibu kan hebat" atau " Pasti repot dan bingung ya kak/dek, kalau butuh bantuan bilang ya" .

3. " Kakak/adik kontrol sendiri ya"
Kalimat ini bisa diungkapkan pada anak usia 1 hingga 6 tahun yang masih belajar mengontrol emosi. Memukul atau menendang orang lain kerap dilakukan. Latih anak untuk mengontrol dan mengendalikan emosinya.

" Kakak kok pukul adik, ayo kontrol emosi sendiri. Pasti bisa" atau " Tangan bukan untuk pukul dek, ayo kontrol emosinya anak pintar" . Kalimat ini membuat anak lebih bisa mendengarkan orang lain. Kuncinya adalah empati dan kontrol.

Sumber: Kid Activities

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie

Jangan Lewatkan