Ayah Bunda, Tak Perlu Kesal Saat Si Kecil Main Berantakan

Ada hal-hal positif yang bisa diperoleh anak dari kondisi bermain mereka yang berantakan.

Mutia Nugraheni
| 10 Desember 2018 14:09

Dream - Anak-anak suka sekali bermain dengan cat air, mobil-mobilan, balok, pasir dan segala macam mainan miliknya. Saat bermain, tentunya situasi rumah jadi sangat berantakan.

Hal ini kerap membuat ayah dan bunda kesal karena suasana rumah jadi seperti 'kapal pecah'. Rupanya di balik semua itu, ada hal-hal positif yang bisa diperoleh anak dari kondisi bermain mereka yang berantakan. Apa saja?

Kepekaan indera
Kelima indera anak akan distimulasi jadi lebih peka saat main berantakan dan kotor-kotoran. Meningkatkan kemampuan anak untuk menyentuh, merasa, mencium bau, hingga mengobservasi hal-hal di sekeliling mereka.

Rasa ingin tahu
Saat mereka bermain dalam kondisi yang berantakan atau kotor, ternyata dapat meningkatkan rasa ingin tahu anak. Hal ini pun bisa membantu mereka untuk terpacu menambah wawasan dan ilmu baru yang penting untuk tumbuh kembang mereka.

Kemampuan motorik
Selain anggota badan anak bisa dirangsang bergerak aktif saat main berantakan, kemampuan motorik anak pun bisa meningkat secara signifikan.

Koordinasi tangan dan mata
Selain itu, kemampuan spasial anak pun bisa meningkat. Hal ini dapat membantu meningkatkan kemampuan koordinasi tangan dan mata mereka.

Kreativitas anak
Selain bermain, anak bisa belajar dan meningkatkan daya kreativitasnya. Ketika si kecil bersenang-senang dan mengeksplorasi hal-hal di sekitarnya, mereka juga dirangsang untuk melakukan dan menciptakan hal-hal baru dengan kreasi mereka sendiri.

Laporan Endah Wijayanti/ Liputan6.com

Jokowi Resmi Lantik Pengisi Dua Kementerian Baru dan Kepala BRIN

Jangan Lewatkan