Ayah Bunda, Jangan Lupa Rawat Diri Sendiri Setelah Anak Lahir

Orangtua yang bahagia akan membesarkan anak-anak yang bahagia juga.

Mutia Nugraheni
| 20 Juni 2022 11:13

Dream - Tanggung jawab menjadi orangtua pastinya sangat besar terhadap anak-anaknya. Segala persiapan kita lakukan saat anak masih dalam kandungan. Mulai dari perlengkapan harian, kamar khusus, hingga rencana keuangan masa depan untuknya.

Fokus ayah pun sebisa mungkin memenuhi kebutuhan anak, begitu juga ibu yang selau ingin memberikan hal terbaik. Menjadi orangtua bisa mengubah fokus, tanggung jawab dan prioritas.

Hal tersebut memang bagian dari tugas orangtua, dan ayah bunda suka lupa untuk merawat dirinya sendiri. Fathya Artha, M.Sc, M.Psi., seorang psikolog anak, lewat webinar yang diselenggarakan oleh aplikasi TentangAnak beberapa waktu lalu mengungkap kalau menjadi orangtua sering membuat ayah atau bunda merasa terisolasi, dan itu sangat wajar.

Jangan lupa untuk belajar mengenali kebutuhan diri, kapan harus belajar kembali, kapan harus istirahat atau membutuhkan pertolongan. Orangtua bukan hanya harus belajar mengasuh anak, tapi juga mengenali dirinya sendiri.

“ Ketika kita menjadi orangtua, sebenarnya kita tidak meninggalkan identitas diri kita yang lama, namun kita menambah nilai baru atau memperkaya identitas diri. Karena sebenarnya menjadi orangtua merupakan proses panjang untuk belajar mengenal dan mencintai diri," kata Fathya.

Selanjutnya :

Lakukan Hal Ini

Topik Terkait :

BERANI BERUBAH: Singal, Warisan Budaya Penghasil Rupiah - Berani Berubah

Jangan Lewatkan