Ayah Bunda, Ini Kebiasaan Penting yang Bikin Anak Tak Keras Kepala

Banyak ayah bunda yang bingung bagaimana caranya.

Mutia Nugraheni
| 10 Mei 2021 08:03

Dream - Anak-anak berperilaku tidak baik karena berbagai alasan, tetapi yang paling umum adalah karena mereka bosan. Mereka menyadari bahwa aksi buruknya berhasil terutama jika mereka mendapatkan apa yang diinginkan dengan cara andalannya.

Terkadang keinginan untuk berkuasa juga menjadi alasan di balik kenakalan mereka. Bisa juga karena anak ingin mempertahankan sesuatu atau sikap keras kepala. Tentunya orangtua harus turun tangan untuk menurunkan level keras kepala si kecil dalam situasi ini.

Banyak ayah bunda yang bingung bagaimana caranya. Mungkin 4 langkah berikut bisa diterapkan.

1. Tunjukkan pendekatan yang lebih tenang terhadap situasi
Anak-anak sering kali suka meniru orangtua mereka, jadi kita harus mencontohkan perilaku dan tindakan mereka dengan mengajar mereka untuk bersikap tenang. Jika mereka mengamuk dan kita mulai meneriakinya mereka, itulah yang akan menjadi normal bagi mereka. Jadi, sebaliknya, tunjukkan cara berbeda untuk menangani emosi anak.

2. Tawarkan pilihan
Menurut asisten profesor perkembangan anak, Angie T. Cranor, memberi anak pilihan akan membantu memenuhi kebutuhannya untuk merasa memegang kendali. Jadi, jika mereka harus mengambil mainannya dan kemudian menyikat gigi, tanyakan mana yang ingin mereka lakukan terlebih dahulu.

 

Selanjutnya :

Konsekuensi dan Rutinitas

Viral, Artis dan Mantan Menteri Saling Tuding Insiden Nyerempet Mobil

Jangan Lewatkan