Penting Diingat, Nasihat Sayidina Ali bin Abi Thalib untuk Anaknya

Ia mengirimkan surat untuk anaknya Hasan saat perang Shiffin.

Mutia Nugraheni
| 3 Juli 2021 10:41

Dream - Anak merupakan amanah yang begitu besar dari Allah SWT. Kelak kita sebagai orangtua akan diminta pertanggungjawaban di akhirat, terkait pengasuhan anak dan bagaimana mendidiknya sesuai ajaran Islam.

Sayyidina Ali Bin Abi Thalib pernah menulis surat nasihat pada anaknya Hasan Ibn ‘Ali Ibn Abi Thalib. Surat ini penting untuk jadi renungan para orangtua. Menurut ustaz Quraish Shihab dalam podcast-nya, Sayyidina Ali menulis surat tersebut karena merasa anaknya kelak akan jadi tumpuannya setelah meninggal dunia.

Surat ditulis oleh Sayyidina Ali setelah terjadinya perang Shiffin (37 H). Sebelum surat ini ada di tangan Hasan Bin Abi Thalib, Sayyidina Ali merenungkan diri kemudian berkata “ Sebenarnya aku tak mau memperhatikan orang lain selain diri sendiri. Namun, aku sadar, wujudku tak lama lagi di dunia ini. Setelah aku tiada, hanya engkau anakku yang akan menjadi tumpuan hidupku. Kau (Hasan Bin Ali) adalah diriku, maka aku tulis surat ini”.

Ada nasihat luar biasa Sayyidina Ali untuk anaknya dalam surat tersebut. Pesan Sayyidina Ali ini penting untuk diketahui para orangtua

Pertama, wahai anakku, hidupkanlah dirimu dengan nasihat. Padamkanah nafsumu itu dengan zuhud kekuatan dan keyakinan. Terangilah hatimu dengan hikmah dan selalu ingat kematian dalam segala aktivitasmu. Jika bertemu kawanmu, tunjukan padanya aneka petaka yang serba dadakan di dunia. Peringatkan padanya, bahwa keburukan akan terjadi pada pergantian siang dan malam. Ingatkanlah hatimu!

Kedua, paparkan dalam benakmu sejarah generasi masa lalu, dan ingatkan dalam benakmu tentang orang-orang terdahulu. Jelajahi pemukiman dan peninggalan mereka dan renungkan apa yang mereka lakukan. Menurut Quraish Shihab, Sayyidina Ali pernah melakukan hijrah dari kota Madinah ke kota Irak. Hal ini dikarenakan masyarakat Madinah mulai pudar memerhatikan masalah ukhrawi dan lebih condong kepada persoalan duniawi.

 

Selanjutnya :

Taqwa kepada Allah SWT

Demi Anak Cucu, Luhut Datangi Polda Metro Jaya Terkait Laporan Dua Aktivis HAM - DreamID

Jangan Lewatkan