Ayah Bunda, Ingat Nasihat Luqman Hakim untuk Anaknya Agar Menjadi Saleh

Allah SWT telah memberikan contoh tentang pola pendidikan Islam yang harus dilaksanakan oleh orangtua terhadap anak-anak mereka.

Mutia Nugraheni
| 1 Juli 2020 10:04

Dream - Pendidikan dari keluarga merupakan pondasi penting bagi anak, terutama dalam hal agama dan akhlak. Allah SWT telah berfirman dalam Surah Luqman, pendidikan yang diterapkan Luqman Hakim untuk anaknya.

Luqman, dikutip dari Muslim.or.id, sebagian besar ulama menyebutkan bahwa Luqman bukan Nabi, tetapi seorang lelaki saleh yang Allah Ta’ala karuniakan hikmah kepadanya. Seperti dalam surah Luqman ayat 12.

 Surah Luqman Ayat 12

Artinya: " Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmah kepada Luqman"

Hikmah pada asalnya memiliki arti bersesuaian dengan kebenaran. Maknanya adalah meletakkan sesuatu pada tempatnya. Pemiliknya memiliki akal yang terbimbing dan pemikiran yang lurus sehingga disebut seorang yang hakiim. Oleh karena itu Luqman sering diberi julukan Luqman Al Hakiim.

Allah SWT telah memberikan contoh tentang pola pendidikan Islam yang harus dilaksanakan oleh orangtua terhadap anak-anak mereka, sebagaimana yang sudah dilakukan oleh Luqman Hakim terhadap anaknya. Pokok-pokok yang dikemukakan oleh Luqman Hakim dalam nasihat kepada anaknya itu, dalam garis besarnya terdiri dari lima aspek, yaitu:

 

Selanjutnya :

1. Pendidikan Aqidah (Tauhid)

Melihat Kelanjutan Nasib Konser Tunggal Ayu Ting Ting

Jangan Lewatkan