Ayah Bunda, Hindari Tularkan Kecemasan ke Anak

Anak bisa sangat peka pada bahasa tubuh orangtuanya saat panik.

Mutia Nugraheni
| 13 April 2021 16:03

Dream - Banyak hal yang membuat orangtua cemas, atau ayah bunda memiliki riwayat masalah kecemasan? Kondisi tersebut sangat mungkin 'ditularkan' ke anak. Menurut Mayra Mendez, Ph.D., seorang psikoterapis, kecemasan berakar pada genetika dan lingkungan.

" Kita tidak dapat mengontrol bagian genetika, karena ada kecenderungan yang lebih tinggi kecemasan ditularkan dari orangtua ke anak," ungkapnya, dikutip dari Parents.

Beberapa orangtua mungkin memiliki riwayat kehidupan atau kondisi yang kerap memicu rasa cemas tinggi. Tanpa disadari hal ini ditunjukkan melalui sikap dan kebiasaa saat berhadapan dengan anak-anaknya.

Hal tersebut bisa jadi 'penularan'. Bila ayah atau bunda merasa memiliki level kecemasan tinggi, lakukan hal berikut agar tak menular ke anak.

1. Biarkan anak mendapat pengalaman baru
Semua orangtua mengkhawatirkan anak-anak mereka, tetapi memiliki gangguan kecemasan terkadang membuat kekhawatiran tersebut ke tingkat yang tidak rasional. Cobalah untuk membiarkan anak mencoba hal baru yang mungkin berisiko.

" Evaluasi aktivitas dengan kesesuaian usia anak. Cobalah lihat dengan lebih luas, jika anak ingin mencoba, berikan kesempatan. Ini juga membantu Anda mengatasi kecemasan dan membuat anak lebih berani," kata Mendez.

 

Selanjutnya :

2. Jangan membuat 'skenario' bencana

POSH (INSIGHTFUL & MOTIVATION SESSION)

Jangan Lewatkan