Ayah Bunda, Hentikan Kebiasaan yang Bikin Si Kecil Tak Mandiri

Pada anak-anak usia dini atau balita, sebenarnya orangtua sudah bisa mengajarkan kemandirian dan keberanian. Bagaimana caranya?

Mutia Nugraheni
| 6 Januari 2021 14:03

Realistis

Kedua, tunjukkan kepada anak bagaimana mengambil tindakan yang positif. Ketiga, ajari anak untuk mengganti pikiran negatif dengan pikiran yang lebih realistis

"Ada banyak strategi pengasuhan, teknik disiplin, dan alat pengajaran yang membantu anak-anak membangun 'otot' mentalnya. Misalnya dengan menggunakan konsekuensi yang mengajarkan keterampilan khusus, seperti keterampilan memecahkan masalah, kontrol impuls, dan disiplin diri," kata Morin.

Biarkan Anak Melakukan Kesalahan

Keterampilan ini akan membantu anak belajar berperilaku secara produktif, bahkan ketika dia dihadapkan pada godaan atau keadaan sulit. Saat harus menyelesaikan tugas tapi ternyata mati listrik, biakan anak mencari solusi. Tetap tenang, sampai anak tahu apa yang harus dilakukan.

Hal lain yang juga sangat penting adalah biarkan anak melakukan kesalahan. Kesalahan adalah bagian dari proses pembelajaran sehingga dia tidak perlu merasa malu.

 

Selanjutnya :

Kendali Emosi

BERANI BERUBAH: Dodol Perekat Korban PHK

Jangan Lewatkan