Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Arahkan Anak Bersikap Baik Pada Teman-temannya

Arahkan Anak Bersikap Baik Pada Teman-temannya Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Beberapa anak memiliki sikap yang sangat berbeda saat berada di rumah dan sekolah. Masalah muncul jika anak di sekolah kerap bersikap buruk pada teman-temannya.

Mengarahkan anak agar bersikap baik pada temannya jadi tantangan tersendiri bagi orangtua. Terutama pada anak usia balita yang level egosentrisnya masih sangat tinggi. Coba terapkan empat trik berikut untuk mengarahkan anak agar selalu bersikap ramah pada teman-temannya.

1. Ajarkan Soal Empati
Kita perlu mengajari anak soal empati. Seperti memberitahunya efek atau dampak yang akan terjadi bila dia berbuat nakal pada temannya. Misalnya, beri pemahaman seperti bila anak memukul temannya maka temannya akan terluka dan kesakitan. Beri pemahaman soal sebab akibat ini supaya anak bisa belajar soal empati.

2. Hindari Menunjukkan Perilaku Buruk
Kalau kita tak ingin anak memukul temannya, maka kita juga jangan memperlihatkan tindakan memukul padanya. Anak akan sangat mudah meniru perilaku kita. Bila kita jahat pada orang lain dan hal itu dilihat oleh anak, maka anak bisa dengan mudah menirunya.

3. Bersosialisasi
Beri kesempatan pada anak untuk bisa bersosialisasi seluasnya. Bantu anak untuk bisa mengenal teman dan orang-orang dari berbagai karakter. Saat anak sudah memiliki kemampuan sosial yang baik, dia akan lebih mudah membedakan mana perilaku yang baik dan buruk dalam pertemanan.

4. Beri Contoh Langsung Bersikap Baik
Saat berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain, tunjukkan juga perilaku yang baik. Cara kita bersosialisasi dengan orang lain akan sangat mudah dijadikan contoh oleh anak. Bila ada kasus kejadian bullying, kita juga perlu memberitahunya kalau tindakan itu buruk.

Memang kita tak bisa setiap saat mendampingi dan mengawasi anak. Tapi kita bisa berusaha semaksimal mungkin untuk memberi bekal anak agar bisa berperilaku baik pada teman dan orang-orang di sekitarnya.

Laporan Endah Wijayanti/ Fimela.com

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kelebihan Anak Keras Kepala yang Sering Tak Disadari Orangtua

Kelebihan Anak Keras Kepala yang Sering Tak Disadari Orangtua

Anak keras kepala cenderung ingin mencoba sesuatu dan tak mendengar pendapat orang lain.

Baca Selengkapnya
170 Kata-Kata Ibu untuk Anaknya, Berisi Pesan dan Nasehat Mendalam sebagai Parenting

170 Kata-Kata Ibu untuk Anaknya, Berisi Pesan dan Nasehat Mendalam sebagai Parenting

Nasehat dari orang tua kepada anaknya memiliki peran penting dalam membentuk karakter anak dan membantu mereka tumbuh dengan baik.

Baca Selengkapnya
Pentingnya Mengajarkan Surat Pendek kepada Anak, Inilah 10 Bacaan yang Cepat Dihafalkan

Pentingnya Mengajarkan Surat Pendek kepada Anak, Inilah 10 Bacaan yang Cepat Dihafalkan

Mengajarkan surat pendek memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan dan pembentukan kepribadian dalam diri anak.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.